Harga Batubara Sedang Pulih oleh Harapan Pulihnya Demand Global

464

(Vibiznews – Commodity) – Di tengah perdagangan komoditas berjangka  bursa ICE Eropa hari Kamis (30/04/2020), harga batubara acuan internasional NewCastle berada di posisi yang lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya. Perdagangan batubara sedang menguat dalam beberapa sesi terakhir yang disupport oleh pergerakan rally harga minyak mentah.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2020 dibuka pada posisi US$53,25 per ton atau menguat 1,05 poin atau 2,01% dari penutupan perdagangan sebelumnya.

Harga minyak mentah jenis Brent yang merupakan acuan internasional pada perdagangan sesi Eropa berada pada posisi US$25,22 per barel atau alami kenaikan 13 persen lebih dari perdagangan sebelumnya. Selain itu harga minyak WTI juga rally kuat hingga naik 16 persen lebih ke posisi US$17.61 per barel.

Selain rally harga minyak mentah, kenaikan harga batubara mendapat harapan dari optimisme pasar dibukanya kembali ekonomi negara-negara yang lockdown pasca wabah covid-19. Dibukanya ekonomi berarti memberikan harapan meningkatnya kembali permintaan batubara dunia yang sempat tertunda.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here