Klaim Pengangguran AS Naik Melebihi Perkiraan

420

(Vibiznews – Economy & Business) Pengajuan pertama kali untuk asuransi pengangguran mencapai 3,84 juta minggu lalu demikian angka Departemen Tenaga Kerja Kamis (30/04)

Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones telah memperkirakan 3,5 juta.

Klaim pengangguran untuk minggu yang berakhir 25 April masuk pada level terendah sejak 21 Maret tetapi membawa total enam minggu menjadi 30,3 juta sebagai bagian dari krisis pekerjaan terburuk dalam sejarah AS. Klaim mencapai rekor 6,87 juta untuk minggu 28 Maret dan telah menurun setiap minggu sejak itu.

Angka yang dilaporkan minggu lalu awalnya direvisi naik 15.000 menjadi 4,4 juta, yang berarti bahwa total terbaru adalah penurunan 603.000.

Klaim yang berkelanjutan naik hanya menjadi 18 juta, naik 2,2 juta dari minggu sebelumnya.

Rata-rata pergerakan empat minggu, yang memperlancar volatilitas, melonjak menjadi 13,3 juta, meningkat 3,7 juta dari rata-rata minggu sebelumnya.

Lonjakan pengangguran telah datang di tengah upaya untuk menahan penyebaran virus corona. Sementara beberapa negara bagian dan kota telah mulai membawa ekonomi mereka masing-masing kembali online, banyak infrastruktur utama AS tetap terkunci.

Pengajuan terus meningkat tinggi karena pemerintah telah memperluas daftar mereka yang memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat dan di tengah kesulitan yang berkelanjutan di kantor-kantor negara untuk pengajuan klaim. Institut Kebijakan Ekonomi awal pekan ini memperkirakan bahwa tingkat klaim saat ini mungkin kurang dari 12 juta orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat tetapi tidak mendapatkannya karena ketidakmampuan untuk mengajukan atau hambatan lain.

Negara bagian Washington menunjukkan kenaikan terbesar untuk minggu ini, dengan kenaikan 62.282, meningkat 75% dari minggu lalu, menurut angka yang tidak disesuaikan. Sebaliknya, California melihat penurunan lebih dari 200.000 dan Pennsylvania turun 63.312.

Masalah di pasar tenaga kerja mencerminkan kemerosotan yang lebih besar dalam kegiatan ekonomi yang baru-baru ini tercermin dalam data. Produk domestik bruto dikontrak 4,8% pada kuartal pertama, menurut laporan pemerintah Rabu yang diharapkan terlihat jauh lebih buruk ketika revisi akhir dilakukan.oo

Data klaim terbaru datang menjelang laporan non farm payroll ominggu depan untuk bulan April. Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada hari Rabu bahwa tingkat pengangguran kemungkinan akan naik di atas 10% dari tingkat Maret sebesar 4,4% yang menghitung periode sebelum kebijakan jarak sosial yang intens diberlakukan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here