Rekomendasi Harga Minyak 30 April 2020: Meneruskan Rebound Menuju $16

388

(Vibiznews-Commodity) Harga minyak berjangka bulan Juni Nymex, WTI, mengkonsolidasikan rally pemulihannya di 15% dengan naik menembus harga $14 ditengah lingkungan pasar yang optimis namun dengan menunjukkan keberhati-hatian. Pergerakan naik harga minyak terhenti sementara menjelang laporan GDP kuartal pertama yang kritikal, data persediaan minyak mentah mingguan dari EIA dan keputusan FOMC.

Emas hitam memperpanjang tiga hari kemenangan berturut-turut pada hari Rabu kemarin, dengan pasar percaya bahwa ketakutan mengenai kelangkaan kapasitas penyimpanan minyak telah selesai.

Secercah harapan juga muncul untuk pasar minyak dari segi permintaan dengan beberapa negara utama di ekonomi global menjabarkan rencana untuk melonggarkan “lockdown” yang disebabkan karena wabah coronavirus yang telah menghentikan pertumbuhan ekonomi global belakangan ini dan memutar balik outlook pertumbuhan permintaan minyak global menjadi negatip.

Menambah kepada sentimen “bullish” terhadap minyak AS adalah data terbaru yang dipublikasikan oleh American Petroleum Institute (API) menunjukkan kenaikan inventori minyak mentah sebanyak 10 juta barel, yang adalah lebih kecil daripada yang diperkirakan sebesar 10.6 juta barel.

Minyak WTI juga mendapatkan dorongan naik dari melemahnya dolar AS secara luas oleh karena bagusnya sentimen pasar sekalipun ditengah data makro ekonomi AS yang buruk. Turunnya dolar AS membuat minyak yang berdenominasi USD menjadi lebih menarik bagi para pembeli asing.

Harga minyak melanjutkan rally nya pada perdagangan pagi sesi Asia, ditengah membaiknya permintaan global. Harga minyak WTI berhasil menembus batas $15 sejak mengalami rally dari kerendahan di $10 pada awalnya dan bahkan sempat menembus angka $16 sesaat lamanya. Pada saat ini WTI diperdagangkan disekitar $15.90 dengan target menembus “resistance” terdekat di $16.32 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $17.51 dan kemudian $19.16. Sedangkan apabila berbalik turun, “support” terdekat menunggu di $13.48 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $11.83 dan kemudian kembali ke batas psikologis $10.64.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here