Market Mover AUDUSD 4-8 Mei 2020; Awasi Kebijakan RBA dan Data Ekspor China

420

(Vibiznews – Forex) – Pair AUDUSD pekan lalu bearish moderat dan turun dari posisi tertinggi sebulan lebih yang dicapai awal pekan, dengan anjlok 0,21% secara mingguan. Bearish pekan lalu merupakan yang pertama setelah 3 pekan berturut alami pergerakan bullish. Lemahnya pergerakan aussie pekan lalu paling banyak disebabkan penguatan perdagangan safe haven.

Dalam pair AUSUSD pekan lalu, penguatan safe haven didominasi oleh dolar AS yang terhadap rivalnya alami tekanan. Namun di awal pekan pair mendapat sentimen positif yang kuat dari rally harga minyak mentah dunia yang sempat memperkuat perdagangan aset resiko seperti bursa saham.

Secara fundamental, aussie pekan lalu juga mendapat tekanan dari rilis berita ekonomi lokal dan China yang kurang mengesankan. Seperti  data CPI Australia yang melemah, kemudian data PMI manufaktur April turun menjadi 45,6, turun dari 50,1 dan data PMI  service  merosot ke 19,6, turun dari 39,8 poin.  Dari China diberitakan data manufaktur masih kontraksi meski ada perbaikan moderat.

Untuk pergerakan pekan ini, investor akan mengawasi beberapa rilis berita ekonomi dari lokal dan juga Amerika serta China.  Dari Australia akan ada berita pengumuman kebijakan moneter RBA yang diperkirakan tidak mengubah suku bunganya. Kemudian data perdagangan luar negeri atau trade balance yang perkirakan menunjukkan data optimis.

Demikian dari China juga akan diberitakan rilis data trade balance yang menunjukkan posisi ekspor dan impor negeri itu yang diperkirakan positif dan juga data Caixin Service PMI yang juga diperkirakan meningkat dari periode sebelumnya.

Dari Amerika Serikat akan dirilis data ketenagakerjaan AS (NFP) minggu ini, yang diperkirakan memburuk. Nonfarm payrolls diperkirakan berkontraksi sebesar 21 juta, sementara tingkat pengangguran diperkirakan melonjak hingga 16,0 persen. Demikmian juga, data PMI Layanan ISM diproyeksikan akan turun tajam, dengan perkiraan 37,5 poin.

Untuk pergerakan secara teknikal, aussie dollar diperkirakan akan memiliki range  resistance level di 0.6571 dan 0.6686, kemudian untuk range support level berada di 0.6252 dan 0.5979.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here