Emas Hari Ini: Apakah Usaha Naik di Atas $1,700 Bisa Bertahan?

305

(Vibiznews-Commodity) Setelah mendapatkan penawaran beli yang baru sekali lagi dekat level $1,697, harga emas berusaha pulih ke atas $1,700 saat menuju pembukaan perdagangan sesi Eropa. Metal kuning ini mengambil keuntungan dari aksi jual yang baru terhadap dolar AS melawan pasangan utamanya. Indeks dolar AS menghentikan kenaikannya pas diatas 99.50 dengan sekarang diperdagangkan turun sedikit ke 99.40.

Selanjutnya, ketegangan antara Amerika Serikat dengan Cina terhadap kesalahan penanganan merebaknya wabah coronavirus terus membebani sentimen para investor dan karenanya memberikan dukungan terhadap kenaikan harga emas.

Pertikaian yang baru antara AS dengan Cina ini kelihatannya berlanjut ke medan perdagangan, dengan Presiden AS Donald Trump telah mengancam akan mengenakan tarif atas Cina.

Awalnya emas spot melanjutkan penurunan semalam dan mencapai kerendahan harian yang baru di $1,696.82, dengan pasar bersorak karena meningkatnya kemungkinan naiknya kembali ekonomi global lebih cepat, khususnya setelah negara-negara dengan ekonomi utama dunia mengumumkan pelonggaran restriksi yang disebabkan oleh virus corona.

Itali dan Amerika Serikat adalah diantara negara-negara yang melonggarkan langkah-langkah “lockdown” nya pada hari Senin. Hal ini berpengaruh buruk terhadap emas yang secara tradisional “safe-haven”.

Namun, pemulihan yang terus berlangsung di harga minyak membangkitkan permintaan untuk emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Sisa hari ini, emas masih akan terus mengikuti pergerakan dolar AS dengan arah yang berlawanan dan sentimen saham global menjelang keluarnya data ISM PMI Non-Manufacturing AS.

Emas diperdagangkan saat ini disekitar $1,705 dengan “resistance” terdekat menunggu di $1,710 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut akan ke $1,716 dan kemudian $1,722  Sedangkan “support” terdekat menunggu di $1,692  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,683  dan kemudian $1.678.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here