Hang Seng 5 Mei Mampu Rebound Meski Kondisi Ekonomi Hong Kong Sedang Kontraksi

431
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan saham di bursa Hong Kong  hari Selasa (05/05/2020) bangkit dari posisi anjlok parah perdagangan sebelumnya, meskipun posisi penutupan indeks Hang Seng masih berada di kisaran terendah dalam 2 pekan. Sejak awal sesi terpantau investor melakukan aksi bargain hunting hingga kemudian naik 1 persen lebih. 

Kuatnya sentimen investor sebelumnya mendapat suntikan dari keuntungan yang terjadi pada perdagangan saham bursa Wall Street. Kemudian minat beli bertambah merespon berita pelonggaran pembatasan sosial akibat coronavirus oleh beberapa pemerintah di seluruh dunia.

Pergerakan bullish saham hari ini menghiraukan rilis data ekonomi yang mengecewakan dari data PDB Hong Kong yang menunjukkan peningkatan kontraksi dan terburuk sejak  1974 karena wabah covid-19 memberikan pukulan berat bagi aktivitas bisnis yang sudah menurun setelah berbulan-bulan alami protes anti-pemerintah.

Indeks Hang Seng menguat 255 poin atau 1,08%  pada posisi 23.869, masih berada pada posisi terendah sejak 22 Maret.  Demikian  untuk indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan naik 1,03% atau 99,20 poin menjadi 9.698,22.

Melihat pergerakan secara sektoral, semua sektor utama masuk zona hijau  yang dipimpin oleh saham sektor  energi ditutup bertambah 1,8%, sektor TI naik 1,3%, sektor properti ditutup naik 0,9% dan sektor keuangan berakhir 0,6% lebih tinggi.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here