Harga Batubara Dunia 5 Mei Sedang Rebound di ICE Eropa

1208

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara acuan dunia alami kenaikan pada pembukaan  perdagangan komoditas berjangka  bursa ICE Eropa hari Selasa (05/05/2020), dimana harga batubara NewCastle rebound dari posisi pelemahan awal pekan. Kenaikan harga batubara ini mendapat support dari rally harga minyak mentah dunia di sesi Eropa hari ini.

Harga minyak mentah jenis Brent pada perdagangan sesi Asia berada di  kisaran US$28.00 per barel atau telah naik 1 persen lebih dari perdagangan sebelumnya. Namun kini pada sesi Eropa bergerak naik hingga naik 6,51% dari perdagangan awal pekan.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2020 dibuka pada posisi US$51,50 per ton  yang menguat 0.05 poin atau 0,10% dari penutupan perdagangan sebelumnya. Harga batubara acuan dunia ini telah anjlok ke posisi terendah dalam 4 tahun, turun dari kisaran US$70 ke kisaran US$50.

Secara fundamental, perdagangan batubara masih sangat terpukul pasca lockdown covid-19 di beberapa negara besar dunia yang menutup aktivitas industri sehingga mengurangi permintaan sangat besar dan diperkirakan akan turun paling banyak tahun ini sejak perang dunia kedua.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here