Harga Gula Turun Dipicu Melemahnya Real Brazil

408

(Vibiznews – Commodity) Harga gula pada penutupan hari Senin turun karena  surplus dari gula global dan melemahnya real Brazil.

Harga gula Juli di ICE New York pada hari Senin ditutup turun 57 sen (5.7%) menjadi $10.40 dan harga gula Agustus di London turun 2.62%.

JP Morgan Chase pada hari Senin memperkirakan di 2020/21 surplus gula global sebesar 2.8 MMT dibanding perkiraan Februari defisit  4.8 MMT, karena meluasnya lockdown dan permintaan etanol memburuk. Produksi etanol berkurang karena harga minyak mentah turun, permintaan etanol berkurang sehingga pabrik-pabrik tebu di Brazil Pusat dan Selatan  membuat gula sehingga persediaan gula menjadi naik.

Kurs real Brazil melemah sehingga harga gula jadi turun, kurs real turun 1.55% terhadap dolar pada hari Senin namun masih diatas rekor terendah di 5.7456 real/USD pada 24 April. Melemahnya real membuat harga gula Brazil menjadi lebih murah bagi pembeli di luar Brazil sehingga dapat meningkatkan produksi gula Brazil.

Harga gula pada hari Selasa turun ke terendah 12 ½ tahun , setelah JOB Economia e Planejamento mengatakan bahwa produksi gula di Brazil Pusat dan Selatan naik 40% dari tahun lalu, menjadi 37.5 MMT karena turunnya harga bahan bakar sehingga membuat pabrik tebu beralih dari membuat etanol, menjadi membuat gula.

Permintaan etanol berkurang membuat harga gula turun setelah Unica melaporkan pada hari Rabu bahwa penjualan etanol dari bahan tebu pada pertengahan April pertama  turun 32% dari tahun lalu menjadi 800 juta liter.

Data dari Unica pada Rabu lalu produksi gula di Pusat dan Selatan Brazil di 2020/21 pada pertengahan April pertama naik 178.8% dari tahun lalu menjadi 948 MMT karena pabrik penggilingan tebu  menggunakan 39.69% kapasitasnya untuk memproduksi gula naik 23.49% dari tahun lalu pada periode yang sama.

Analisa tehnikal untuk gula dengan support pertama di $10.30 dan lanjut ke $10.10 sedangkan resistant pertama di 11.60 dan berikutnya ke $11.80.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here