Rekomendasi Harga Minyak 5 Mei 2020: Naik ke Ketinggian Selama 3 Minggu.

356

(Vibiznews-Commodity) Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) memperpanjang momentum kenaikannya pada awal minggu melewati batas $22.00, naik lebih dari 12%.

Kenaikan harga minyak WTI ke ketinggian selama 3 minggu diatas batas $22.00 mengabaikan bangkitnya pertikaian yang baru di dalam perdagangan AS dengan Cina dan dominasi dari sentimen “risk-off”.

Harga WTI dengan cepat mengambil kembali posisi semula sebelum penurunan harga yang besar yang menyebabkan kontrak bulan Mei turun ke teritori negatif – $40.00 per barel pada bulan April. Harga emas hitam ini bangkit dengan tajam dari teritori “oversold” dan sekarang membukukan keuntungan untuk sesi kelima berturut-turut, diatas batas kunci $20.00 per barel.

Menurut laporan dari CFTC, dukungan ekstra terhadap harga minyak mentah datang setelah komunitas spekulatif mendorong “net longs” ke level paling tinggi sejak awal Agustus 2018 selama minggu yang berakhir pada tanggal 28 April.

Di sisi lain, pengebor besar Baker Hughes melaporkan pada hari Jumat, penurunan jumlah tempat pengeboran minyak untuk yang ke 7 kalinya berturut-turut, kali ini sebanyak 53, menjadikan tempat pengeboran minyak yang aktif menjadi tinggal 325.

Selanjutnya API akan melaporkan inventori minyak mentah pada hari Selasa dan EIA pada hari Rabu.

Kenaikan selanjutnya dari harga minyak WTI akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $22.82 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $24.89 dan kemuidan $25.86. Sebaliknya bila terjadi penurunan akan berhadapan dengan “support” terdekat di $19.55 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $18.28 dan kemudian $16.08.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here