Bursa Eropa Dominan Positif; Pembukaan Ekonomi Atasi Ketegangan AS-China

493

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak sebagian besar naik pada hari Rabu (06/05) terdukung pembukaan kegiatan ekonomi mengatasi sentimen ketegangan antara AS dan China.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,5% pada pagi hari, dengan saham asuransi melonjak 2,3% untuk memimpin kenaikan sementara sektor perjalanan dan liburan turun 0,9%.

Indeks FTSE naik 0,64%. Indeks DAX naik 0,17%. Indeks CAC turun -0,21%.

Pasar Eropa erat mengikuti perkembangan di Eropa dan AS karena keduanya mulai melonggarkan langkah-langkah penguncian dan harus melihat apa dampaknya terhadap wabah coronavirus.

Presiden A.S. Donald Trump pada hari Selasa menyatakan akan membuka kembali beberapa kegiatan perekonomian saat ini.

Sementara itu, saham di Asia Pasifik bervariasi pada perdagangan Rabu pagi karena harga minyak menelusuri kembali beberapa kenaikan semalam.

Pergerakan itu terjadi setelah harga minyak pada awalnya melonjak pada Selasa, didukung oleh pengurangan produksi dan pembukaan kembali ekonomi yang menawarkan harapan pemulihan permintaan. Menjelang tengah hari di Eropa, patokan internasional berjangka minyak mentah Brent naik 1,7% pada $ 31,50 per barel, sementara minyak mentah AS naik 3,2% menjadi $ 25,35 per barel.

Data yang dirilis Rabu menunjukkan bahwa aktivitas bisnis zona Eropa runtuh ke rekor terendah bulan lalu, hampir terhenti di belakang kuncian yang diberlakukan pemerintah untuk membendung penyebaran virus corona.

Bacaan akhir komposit PMI (indeks manajer pembelian) IHS Markit anjlok ke 13,6 pada April dari 29,7 Maret yang sudah suram.

Di sisi pendapatan perusahaan, BMW pada hari Rabu membukukan kenaikan 133% dalam laba operasi kuartal pertama, karena tidak adanya ketentuan satu kali pada periode yang sama tahun lalu, tetapi memperingatkan bahwa coronavirus dapat menekan permintaan dan laba ini tahun.

Laporan laba terus mendorong aksi harga saham individu. Saham Dialog Semiconductor naik 9,7% pada pagi hari setelah pembuat chip Inggris mengalahkan ekspektasi laba kuartal pertama dan menawarkan prospek yang kuat untuk tahun 2020, sementara Virgin Money naik 9,5% setelah melaporkan posisi modal yang lebih kuat dari perkiraan.

Di ujung lain dari patokan Eropa, pengecer Inggris SSP Group dan WH Smith keduanya turun lebih dari 8%. Lundin Energy Swedia juga jatuh 8% setelah kompetitor minyak Norwegia Equinor menjual 4,88% sahamnya di perusahaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak positif terdukung sentimen positif mulai dibukanya lagi kegiatan ekonomi di kawasan Eropa dan kenaikan harga minyak mentah.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here