Rally Minyak Mentah dan Kuatnya Yuan Support Kenaikan Hang Seng 6 Mei

197

(Vibiznews – Indeks) – Kenaikan harga saham di bursa Hong Kong terus berlanjut hingga akhir perdagangan hari Rabu (06/05/2020), dimana indeks Hang Seng melaju ke posisi tertinggi dalam sepekan perdagangan. Laju indeks mendapat sumbangan kuat dari kenaikan saham-saham sektor energy yang sebelumnya sudah rally dan juga naiknya yuan China. 

Tingginya minat beli saham Hang Seng hari ini mendapat dorongan dari optimisme dibukanya kembali kegiatan ekonomi beberapa negara besar pasca covid-19 dan munculnya tanda-tanda penurunan grafik pertambahan kasus baru yang terinfeksi. Selain itu juga isu ketegangan Amerika Serikat dan China beberapa hari lalu mereda di sapu sentimen diatas dan rally harga minyak mentah. 

Bank sentral China menetapkan kurs tengah bagi posisi yuan ke posisi lebih tinggi yang   membantu menghilangkan fokus dari sentimen di pasar forex setelah dipengaruhi berita  kontroversial dalam hubungan China – AS. Terpantau yuan China menguat terhadap dolar AS masuki hari ketiga.

Indeks Hang Seng menguat 269 poin atau 1,13%  pada posisi 24.153, merupakan posisi tertinggi sejak 29 April.  Demikian  untuk indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan naik 1,13% atau 109,54 poin menjadi 9.807,76.

Melihat pergerakan secara sektoral, semua sektor utama masuk zona hijau  yang dipimpin oleh saham sektor  energi ditutup naik 2,1%, sektor TI naik 2,09%, sektor properti ditutup naik 0,95% dan sektor keuangan berakhir 0,84% lebih tinggi.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here