Bursa Eropa Bergerak Naik Sekitar 1 Persen

526

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak naik pada hari Kamis (07/05) masih terdukung sentimen positif pelonggaran langkah-langkah penguncian dengan dibukanya kegiatan ekonomi.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1% selama perdagangan sore, dengan saham ritel melonjak 3,5% untuk memimpin kenaikan sementara sektor telekomunikasi melawan tren naik turun 0,7%.

Indeks FTSE, DAX dan CAC semua meningkat sekitar 1%.

Data Coronavirus tetap menjadi fokus saat AS dan Eropa secara hati-hati mengangkat penguncian; virus ini telah menewaskan sedikitnya 263.000 orang di seluruh dunia dan ada lebih dari 3,7 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi.

Jerman yang mulai mencabut pembatasan kuncian beberapa minggu lalu, melaporkan 1.284 kasus baru pada hari Kamis – lompatan dari 947 infeksi baru sehari sebelumnya. Itu mengambil penghitungan kasus yang dikonfirmasi ke 166.091, menurut data terbaru oleh Robert Koch Institute, lembaga pemerintah federal yang bertanggung jawab untuk pemantauan dan pencegahan penyakit. Jumlah korban tewas di negara itu naik 123 menjadi 7.119.

Pada hari Rabu, Kanselir Jerman Angela Merkel mengumumkan langkah-langkah untuk melonggarkan penguncian, tetapi juga meluncurkan mekanisme “rem darurat” di mana pembatasan dapat dikenakan lagi jika kasus kembali, menurut Reuters.

Di Inggris, Perdana Menteri Boris Johnson mengindikasikan pada hari Rabu bahwa tindakan penguncian dapat mulai dicabut pada Senin. Dia akan memperbarui negara dengan rincian pada hari Minggu.

Bank of England (BOE) pada Kamis mempertahankan suku bunga pada 0,1% tetapi mengatakan siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi coronavirus terus memburuk, dengan PDB Inggris (produk domestik bruto) diperkirakan akan turun 14 % tahun ini.

Di depan pendapatan perusahaan, Air France KLM membukukan kerugian operasi kuartal pertama 815 juta euro ($ 880 juta) sebelum bel pada hari Kamis.

Perusahaan e-commerce Jerman Zalando dan biotek perusahaan Morphosys sama-sama melihat saham mereka melonjak lebih dari 11% pada sore hari setelah membukukan pendapatan kuartal pertama yang kuat.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, operator perjalanan Tui turun sebesar 9,9%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik dengan dimulainya pembukaan kegiatan ekonomi di beberapa negara Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here