Harga Karet Tocom 7 Mei Melompat dari Harga Terendahnya

957

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet pada pembukaan perdagangan setelah libur publik panjang di Jepang, alami kenaikan setelah sebelumnya ditutup di posisi harga terendah. Harga karet berjangka di bursa komoditas Tokyo (Tocom)  sesi Kamis (07/05/2020) ditutup rebound kuat, yang naik 2 persen lebih.

Kenaikan harga karet Tocom ini diikuti oleh pergerakan harga karet berjangka di bursa komoditas China (SHFE), untuk kontrak paling ramai diperdagangkan yaitu bulan September naik 2 persen lebih. Untuk harga karet di bursa komoditas Singapura (sicom) tidak diperdagangkan oleh libur publik di negeri tersebut.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Oktober 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat  3,5 yen  atau 2,3%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 152.3 yen setelah sempat mencapai posisi tertinggi hari di 153.9 yen dan sempat turun ke posisi  151.8 yen.

Kenaikan harga karet cukup signifikan di Tocom sebagian besar disebabkan oleh posisi yen Jepang yang retreat terhadap dolar AS setelah hampir sepekan menguat. Kemudian sentimen pasar di Tocom dan juga SHFE diperkuat oleh pergerakan rebound harga minyak mentah setelah sebelumnya melemah.

Harga karet alami yang banyak diperdagangkan di  bursa Shanghai (SHFE) yaitu kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 10380 yuan, yang menguat  sekitar 280 yuan atau 2,7% dari posisi sebelumnya.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here