Rekomendasi Harga Minyak 7 Mei 2020: Turun Untuk Pertama Kali Dalam 7 Hari

405

(Vibiznews-Commodity) Harga minyak WTI turun $3 pada hari Rabu dan diperdagangkan disekitar $23.50, dengan sentimen memburuk setelah laporan ADP employment AS menunjukkan angka yang buruk.

Laporan ADP employment  AS untuk bulan April muncul turun sebesar 20.236.000 – peringatan yang perlu dicamkan mengenai kondisi ekonomi AS dan global pada saat sekarng ini, ditengah pandemik Covid-19. Meskipun pasar memperkirakan angka penurunan yang lebih jauh lagi sebesar 22.000.000. Laporan ADP merupakan pendahuluan dari data yang lebih penting lagi, Non-Farm Payrolls resmi AS yang akan keluar pada hari Jumat.

Para trader sekarang fokus kepada laporan EIA dengan ketakutan meningkat bahwa inventori minyak akan naik lebih daripada yang diperkirakan yang akan bisa membangkitkan kembali ketakutan akan “oversupply”.

WTI berjangka turun sedikit lebih dari 10% pada saat perdagangan sesi Amerika Serikat, berwarna merah untuk pertama kalinya dalam 7 hari. Pemulihan yang mengesankan selama minggu lalu ketika harga minyak naik dari zona $10 sampai ke puncaknya $26, menunjukkan tanda-tanda awal bahwa pergerakan naik sudah kehabisan tenaga.

Indikator grafik harian dari momentum, stochastic, dan RSI semua menunjukkan penurunan setelah mencapai puncak. Hal ini menambah signal negatif awal, dengan “support” terdekat menunggu di $22.56 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $21.40 dan kemudian $20.80. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan $23.66 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $24.47 dan kemudian $25.54.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here