Survei Konsumen BI April: Optimisme Konsumen Melemah Dampak COVID-19

469
Photo: Vibizmedia

(Vibiznews – Economy) – Survei Konsumen Bank Indonesia pada April 2020 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi, melemah cukup dalam dari bulan sebelumnya. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2020 sebesar 84,8, turun dibandingkan dengan 113,8 pada Maret 2020.

“Melemahnya optimisme konsumen terutama disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, dengan penurunan terdalam pada indeks penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan kerja,” demikian penjelasan Departemen Komunikasi BI, Rabu (6/5).

Sumber: BI, 6-5-2020

Sementara di sisi ekspektasi, konsumen masih relatif optimis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meskipun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya. Optimisme tersebut ditopang oleh perkiraan penghasilan yang meningkat dan kegiatan usaha yang kembali membaik pada 6 bulan mendatang, seiring dengan perkiraan telah meredanya pandemi COVID-19 di Indonesia.

Analis Vibiz Research Center melihat dampak wabah COVID-19 telah nyata menggerus optimisme konsumen, sampai IKK ini turun di bawah 100 pada April 2020. Walaupun demikian, seperti yang disebutkan BI, ekspektasi konsumen masih relatif optimis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang. Nampaknya sejumlah kebijakan Pemerintah RI, termasuk paket stimulus fiskal dan moneter, dipandang positif di mata konsumen, ditambah harapan akan segera meredanya pandemi virus ini di 6 bulan ke depan.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here