Bursa Amerika Bullish, Nasdaq Capai Rekor Tertinggi 3 Bulan

390

(Vibiznews – Index) – Optimisme investor global akan dibukanya kembali kegiatan ekonomi di beberapa negara bagian AS dan juga negara luar Amerika pasca wabah covid-19, memberikan semangat beli saham yang cukup tinggi pada perdagangan saham bursa Amerika yang berakhir hari Jumat (08/05/2020). Dow Jones dan S&P500 yang perdagangan sebelumnya anjlok, ditutup dengan penguatan. Sedangkan Nasdaq lanjut menguat dan  sempat mencapai rekor tertinggi dalam 3 bulan.

Indeks Dow Jones naik 211,25 poin atau 0,9 persen menjadi 23.875,89, indeks S&P 500 melonjak 32,77 poin atau 1,2 persen menjadi 2.881,19. Kemudian indeks Nasdaq naik 125,27 poin atau 1,4 persen menjadi 8.979,66, namun sempat mencapai posisi 9.136 yang merupakan posisi tertinggi sejak 3 Februari.

Kekuatan beli saham sejak awal sesi datang di tengah berlanjutnya optimisme tentang ekonomi AS setidaknya sebagian dibuka kembali dalam waktu dekat.  Kemudian sentimen bertambah setelah diberitakan  vaksin coronavirus juga sedang dikembangkan oleh Moderna dan telah diberikan persetujuan FDA untuk percobaan fase 2.

Namun sentimen merosot jelang akhir sesi setelah  mencerna laporan dari Departemen Tenaga Kerja AS yang menunjukkan penurunan berkelanjutan dalam jumlah klaim baru untuk tunjangan pengangguran. Klaim pengangguran awal turun menjadi 3,169 juta, penurunan 677.000 dari tingkat revisi pekan sebelumnya 3,846 juta.

Klaim pengangguran terus menurun sejak mencapai rekor tertinggi 6,867 juta dalam pekan yang berakhir 28 Maret, meskipun jumlah total klaim baru sejak penutupan yang disebabkan oleh virus korona kini telah mencapai 33,5 juta. Namun pasar melihatnya belum melihat indikasi adanya perekrutan tenaga kerja, apalagi setelah menerima laporan ADP semalam.

Melihat pergerakan secara sektoral saham-saham layanan minyak menunjukkan pergerakan rally yang mendorong Indeks Layanan Minyak Philadelphia naik 4,3 persen, meskipun posisi harga minyak sedang retreat. Saham emas juga berubah dalam kinerja yang kuat pada hari itu, menghasilkan lonjakan 3,4 persen oleh NYSE Arca Gold Bugs Index.

Kekuatan substansial juga terlihat di antara saham-saham broker, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 3,8 persen oleh NYSE Arca Broker / Dealer Index. Demikian saham-saham  baja,  perangkat keras komputer dan  jaringan juga mencetak kekuatan yang cukup besar.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here