Rally Nikkei 8 Mei Diperkuat oleh Lonjakan Saham Eksportir

338

(Vibiznews – Indeks) – Saham-saham di bursa Jepang alami lonjakan harga pada perdagangan hari Jumat (08/05/2020), dimana indeks Nikkei rally melanjutkan penguatan harga sebelumnya. Demikian juga secara mingguan Nikkei mencetak bullish dengan kenaikan indeks 2 persen lebih dalam volume perdagangan yang kecil karena libur panjang.

Sentimen investor kuat ketika China menyelesaikan aturan untuk  memberikan lembaga asing yang memenuhi syarat akses tak terbatas ke perdagangan saham dan obligasi Tiongkok dalam langkah terbaru untuk membuka industri keuangan negara. Menambah sentimen, kantor berita negara China Xinhua melaporkan bahwa perwakilan Perdagangan AS dan Cina mengadakan panggilan telepon dan setuju untuk tetap berkomunikasi dan bekerja sama.

Para negosiator perdagangan AS dan China sepakat  kemajuan baik sedang dibuat untuk menciptakan infrastruktur pemerintah yang membuat perjanjian fase satu berhasil, dengan kedua pihak mengharapkan untuk memenuhi kewajiban berdasarkan perjanjian secara tepat waktu.

Indeks Nikkei ditutup naik 504,32 poin atau 2,56% menjadi 20179,09, sedangkan indeks Topix naik  2,21 persen atau 31,55 poin  menjadi 1.458,28.  Demikian  indeks Nikkei berjangka bulan Juni 2020 bergerak positif dengan naik 363 poin atau 1,84% ke posisi 20.058. Secara mingguan indeks Nikkei naik 2,84%.

Rally indeks Nikkei juga mendapat sumbangan kuat dari lonjakan saham-saham kapital besar dan juga saham eksportir. Dikarenakan sepanjang sesi Asia posisi yen melemah terhadap dolar AS, sehingga menguntungkan  saham-saham eksportir utama seperti saham Honda, Toyota, Sony, dan juga Mitsubishi yang menguat 2 sampai 4 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here