Rekomendasi Harga Minyak 8 Mei 2020: Kenaikan Baru Karena Aramco Menaikkan Harga

424

(Vibiznews-Commodity) Setelah fase konsolidasi disekitar $24.50, minyak mentah berjangka Nymex WTI mengalami pembelian yang baru pada jam perdagangan sesi Eropa. Pergerakan naik harga minyak sekarang mengetes ketinggian mingguan di $26.08.

Kenaikan harga minyak yang baru ini terutama disebabkan oleh karena pengumuman terbaru dari perusahaan minyak negara dari Arab Saudi, Aramco. Raksasa minyak ini mengumumkan bahwa mereka menaikkan harga minyak mentah bulan Juni ke Asia sebesar $1.40 menjadi $6.5.

Pergerakan naik harga minyak juga disebabkan oleh membaiknya minat terhadap resiko pada sesi perdagangan ini, dengan adanya kenaikan yang mengejutkan dari ekspor Cina yang mengangkat sentimen pasar. Data perdagangan Cina yang bagus menunjukkan tanda-tanda pemulihan di negara dengan perekonomian terbesar ke dua di dunia ini yang baru terpukul oleh pandemik coronavirus. Saham-saham Eropa bertambah keuntungannya sementara S&P 500 berjangka mengalami rally lebih dari 1.50%.

Hal lain yang menambah optimisme terhadap emas hitam adalah “rebound” nya impor minyak Cina pada bulan lalu. Cina adalah konsumen top minyak dunia. Selanjutnya, harapan akan meningkatnya aktifitas bisnis dan travel dengan kebanyakan ekonomi negara-negara utama dunia sudah mulai dibuka kembali dari “lockdown”nya, berkolaborasi menaikkan harga minyak mentah.

Saat ini minyak mentah berjangka AS diperdagangkan disekitar $25.40. Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $26.08 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $27.72 dan kemudian $28.45.  Sedangkan “support” terdekat menunggu di $24.53 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $23.65 dan kemudian $22.37.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here