Rally Saham Jepang Kirim Nikkei ke Posisi Tertinggi 2 Bulan

355

(Vibiznews – Indeks) – Rally harga saham di bursa Jepang berlanjut hingga perdagangan awal pekan dengan indeks Nikkei berhasil mencapai posisi tertinggi dalam 2 bulan di sesi hari Senin (11/05/2020). Kekuatan saham Nikkei mendapat dukungan dari anjloknya yen Jepang terhadap dolar AS.

Melemahnya nilai safe haven yen Jepang dipicu kuatnya sentimen aset resiko merespon  optimisme seputar pembukaan kembali secara bertahap ekonomi dunia. Kemudian Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan hari ini Jepang akan mengambil langkah-langkah stimulus tambahan dengan cepat untuk mengurangi dampak dari pandemi COVID-19.

Sementara itu, Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura mengatakan bahwa negara itu dapat menghapus keadaan darurat di banyak daerah minggu ini jika kasus baru terinfeksi virus terkendali.

Indeks Nikkei ditutup naik 212 poin atau 1,05% menjadi 20390,66, yang merupakan posisi tertinggi sejak perdagangan 9 Maret 2020. Untuk indeks Topix naik  1,35 persen atau 22,34 poin  menjadi 1.480,62.  Demikian  indeks Nikkei berjangka bulan Juni 2020 bergerak positif dengan naik 305 poin atau 1,51% ke posisi 20.563.

Kenaikan signifikan harga saham Nikkei banyak disupport oleh kenaikan saham eksportir utama oleh pelemahan yen terhadap dolar AS.   Dikarenakan sepanjang sesi Asia posisi yen melemah terhadap dolar AS, sehingga menguntungkan  saham-saham eksportir utama seperti saham Toyota, Sony, Honda dan juga Mitsubishi yang menguat 2 sampai 4 persen.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here