Rekomendasi Harga Minyak 11 – 15 Mei 2020: Tren Naik Minggu Kedua

410

(Vibiznews-Commodity) Setelah jatuh ke bawah $25 pada hari Kamis, minyak mentah berjangka AS, WTI, terdorong naik pada hari Jumat meskipun gagal bertahan diatas $26. Terakhir, WTI naik 2.8% pada hari Jumat minggu lalu pada $25.50 dan mengalami kenaikan lebih dari 29% dalam seminggu yang lalu.

Data Neraca Perdagangan dari Cina yang menunjukkan peningkatan impor minyak yang tajam dan persediaan minyak mentah yang lebih sedikit daripada yang diperkirakan pada minggu lalu, telah mendorong naik harga minyak. Terlebih lagi, tuntutan pelonggaran ditengah-tengah langkah-langkah yang diambil oleh negara-negara utama Eropa dan Amerika Serikat untuk membuka kembali ekonomi mereka memiliki dampak yang positip terhadap WTI juga.

Hal yang menambah faktor positip bagi kenaikan harga minyak lainnya adalah Arab Saudi menaikkan harga minyak resmi mereka bulan Juni ke Asia sebesar $1.40 menjadi $6.5.

Terakhir, data mingguan yang dipublikasikan oleh Baker Hughes menunjukkan bahwa jumlah pengeboran minyak dan gas yang aktif di Amerika Serikat turun ke kerendahan sepanjang waktu di 374 pada minggu yang berakhir pada tanggal 8 Mei. Analis di Enverus Rig Analytics mengatakan kepada Reuters,”Krisis yang besar dari coronavirus yang membuat dimulainya pengurangan pengeboran minyak dan gas di Amerika Serikat yang dimulai sejak pertengahan sampai kepada akhir kuartal pertama, mulai berpengaruh besar terhadap produksi minyak AS.”

Sementara itu, Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa Non-Farm Payrolss AS untuk bulan April turun sebanyak 20,5 juta. Angka ini muncul lebih baik daripada yang diperkirakan pasar sebanyak 22 juta dan ini menolong sentimen pasar tetap bagus pada hari Jumat minggu lalu.

Secara tehnikal grafik mingguan kontrak WTI menuju ke tren “bullish” mingguan untuk yang kedua beturut-turut dengan “resistance” terdekat berada pada $26.82 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $28.81 dan kemudian batas psikologis $30.11. Sedangkan “support” terdekat berada pada $23,00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $21.40 kemudian $19.43.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here