Data Pengangguran Korsel Pulihkan Harga Saham Kospi 13 Mei

340

(Vibiznews – Indeks) – Tekanan jual saham di bursa Korea Selatan kembali berlangsung pada perdagangan Rabu (13/05/2020), namun hanya diawal sesi yang terpengaruh oleh anjloknya saham bursa Amerika semalam. Namun beberapa saat kemudian bergerak naik merespon rilis data pengangguran Korea Selatan yang optimis.

Indeks Kospi berhasil bergerak naik menghapus kerugian perdagangan sebelumnya setelah data pengangguran Korea Selatan bulan April 2020 tetap di  3,8 persen, bukti bahwa wabah coronavirus menyeret ke bawah lapangan kerja kurang dari yang diharapkan.

Tekanan jual awal sesi juga picu oleh laporan gugus tugas coronavirus di Korea Selatan (KDDC) yang menyebutkan cluster virus corona baru di Itaewon telah mencapai 119 kasus pada hari Rabu yang membangkitkan kekhawatiran tentang kemungkinan gelombang infeksi baru di negara itu,

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) menguat 18 poin atau 0,95 persen yang  berakhir pada 1.940,17. Demikian indeks Kospi200 berjangka naik 2,48 poin atau 0,98% ke posisi 255,85, setelah sempat  turun ke posisi rendah 249,95.

Saham-saham berkapitalisasi besar  sebagian besar ditutup masuk zona hijau yang dipimpin oleh saham Samsung Electronics naik 1,36 persen, saham perusahaan kimia terkemuka LG Chem naik 4,14 persen dan saham produsen kosmetik terkemuka AmorePacific menambahkan 1,74 persen.

Pergerakan sebaliknya terjadi pada saham pembuat chip No. 2 SK hynix yang kehilangan 2,45 persen dan saham operator seluler  No.1 di  Korea Selatan SK Telecom turun 1,67 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here