Bursa Eropa Bergerak Naik Terbantu Harapan Pembukaan Ekonomi

601

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa menguat pada hari Jumat (15/05) terbantu sentimen pembukaan kembali ekonomi dan sejumlah data utama kuartal pertama.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,3% pada awal perdagangan, dengan sumber daya dasar melonjak 2,5% untuk memimpin kenaikan dengan semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE menguat 1,22%. Indeks DAX meningkat 1,76%. Indeks CAC naik 0,82%.

Tingkat penularan untuk coronavirus tetap di bawah ambang kunci 1 di Jerman setelah pelonggaran langkah-langkah penguncian awal, Institut Robert Koch untuk Pengendalian Penyakit mengatakan Kamis.

Prancis berargumen bahwa semua negara harus memiliki akses yang sama ke setiap potensi vaksin coronavirus yang dikembangkan oleh raksasa farmasi Sanofi, setelah CEO mengindikasikan bahwa AS kemungkinan akan diprioritaskan.

Di sisi data, estimasi pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) zona Eropa untuk kuartal pertama seperti diindikasikan terjadi kontraksi.

Data resmi yang diterbitkan Jumat mengungkapkan bahwa PDB Jerman (produk domestik bruto) menyusut sebesar 2,2% pada kuartal pertama dibandingkan dengan tiga bulan terakhir 2019, penurunan kuartalan paling tajam untuk ekonomi terbesar Eropa sejak krisis keuangan.

Saham GEA Group melonjak lebih dari 10% dalam kesepakatan awal setelah perusahaan teknologi makanan Jerman membukukan pendapatan kuartal pertama yang kuat.

Di ujung lain dari patokan Eropa, produsen bahan bangunan Swiss LafargeHolcim turun 3,8% lebih rendah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terbantu harapan pembukaan kembali aktifitas ekonomi negara-negara zona Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here