Harga Batubara Dunia Akhir Pekan Naik ke Posisi Tertinggi Sebulan

448

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara di bursa ICE Eropa perdagangan akhir pekan pada  hari Jumat (15/05/2020) terpantau bergerak naik setelah perdagangan sebelumnya ditutup pada posisi harga flat. Sentimen kuat di bursa komoditas terpengaruh dengan sentimen di perdagangan bursa saham kawasan Eropa yang bergerak bullish.

Suasana pasar global bangkit di sesi Eropa merespon lonjakan harga minyak mentah jenis Brent yang juga menjadi indikator harga batubara ke posisi tertinggi dalam 1 bulan. Selain itu sentimen diperkuat setelah data output pabrik China naik melebihi ekspektasi penurunan, yang bagi pasar batubara memberikan khabar baik untuk permintaan batubara.  

Harga batubara NewCastle  dibuka lebih tinggi pada perdagangan bursa ICE Eropa hari ini, untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2020 dibuka pada posisi US$55,50 per ton dan kini bergerak naik ke posisi US$55.75 yang menguat  0.65 poin atau 1,18% dari penutupan perdagangan sebelumnya. Harga ini merupakan posisi tertinggi sejak 17 April.

Selain kenaikan harga minyak brent yang cukup tinggi, pergerakan kuat harga batubara sejak awal sesi juga mendapat support dari pergerakan harga gas alam yang terus bergerak rally.

Secara fundamental, perdagangan global sedang terancam oleh sikap Presiden AS Trump yang berwacana akan memutuskan hubungan dagang dengan China. Hal ini bukanlah khabar baik bagi investor batubara yang sudah cukup lama tertekan menurunnya permintaan global sejak pandemi covid-19.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here