Rekomendasi Harga Minyak 15 Mei 2020: Harga Minyak Naik Tak Tertahan

465

(Vibiznews-Commodity) Kenaikan harga minyak berjangka Nymex, WTI, kontrak bulan Juni pada perdagangan sesi Asia menghimpun tenaga di dalam perdagangan sesi Eropa pada hari Kamis kemarin, dengan pergerakan naik harga minyak mengarah ke $27 setelah rilis laporan bulanan pasar minyak dari International Energy Agency (IEA).

IEA secara mengejutkan memberikan outlook yang bagus bagi pasar minyak global, dengan mengatakan,”outlook bagi pasar minyak global telah agak membaik.” Laporan ini juga menyoroti bahwa permintaan minyak global kelihatannya lebih kuat daripada yang diperkirakan.

Komentar yang “bullish” dari agen Chief Birol selanjutnya menambah kenaikan dari emas hitam. Birol memberikan catatan:”Kami melihat tanda-tanda awal dari penyeimbangan kembali secara bertahap pasar minyak global.” Dengan kenaikan terakhir, harga minyak telah memperoleh kembali momentum kenaikan yang semula dipicu setelah Arab Saudi, Kuwait dan Uni Emirat Arab menjamin pemangkasan produksi tambahan pada bulan Juni pada awal minggu ini.

Data penurunan persediaan minyak mentah AS yang tidak diperkirakan sebagaimana yang dilaporkan oleh EIA pada hari Rabu juga mendukung kenaikan harga minyak. Persediaan minyak mentah AS turun sebanyak 745.000 barel menjadi 531,5 juta barel pada minggu yang berakhir pada tanggal 8 Mei dibandingkan dengan perkiraan para analis akan peningkatan sebanyak 4,1 juta barel.

Optimisme yang baru dari pasar minyak kelihatannya meng-offset ketakutan resesi global yang lebih luas, dengan permintaan akan minyak yang memberikan imbal hasil yang lebih tinggi menjadi tidak tertahankan.

Perhatian sekarang tertuju kepada laporan klaim pengangguran minggu AS. Laporan klaim pengangguran mingguan AS menunjukkan klaim yang baru sebanyak 2,98 juta orang diatas dari yang diperkirakan sekitar 2,5 juta orang. Angka ini masih menandakan penurunan dari angka-angka pengangguran mingguan sebelumnya.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $27.68 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $29.38 dan kemudian $30.00. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $25.29 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $24.27 dan kemudian $22.57.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here