Bursa Eropa Melonjak Terdukung Pembukaan Kegiatan Ekonomi

285

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa melonjak pada perdagangan Senin (18/05) terdukung peningkatan kepercayaan investor dengan mulainya pencabutan penguncian di beberapa negara.

Indeks Stoxx 600 Eropa melonjak 1,8% pada awal perdagangan, dengan sumber daya dasar naik 3,8% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE melonjak 2,21%. Indeks DAX meningkat 2,71%. Indeks CAC menguat 2,28%.

Beberapa negara di kawasan Eropa mulai mencabut pembatasan penguncian, memungkinkan lebih banyak bisnis dibuka dengan hati-hati.

Investor juga mencerna komentar dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada hari Minggu, tentang prospek ekonomi AS untuk pulih dalam jangka menengah.

Pasar utama di Asia sedikit berubah dalam perdagangan Senin sore setelah komentar dari Powell. Namun, harga minyak naik pada sore jam perdagangan Asia di tengah ekspektasi kenaikan permintaan dan pengurangan pasokan.

Di sisi pendapatan, RyanAir membukukan kenaikan laba dan pendapatan kuartal pertama tetapi memperingatkan tahun sulit ke depan karena pandemi coronavirus. Perusahaan penerbangan Irlandia itu sedang menegosiasikan pemotongan gaji, cuti yang tidak dibayar, dan hingga 3.000 kehilangan pekerjaan dengan karyawan dan serikat pekerja.

Saham Elekta melonjak 13% pada awal perdagangan setelah produsen peralatan terapi radiasi Swedia itu mendapatkan pesanan senilai $ 200 juta.

Perusahaan layanan fasilitas Denmark ISS naik lebih dari 8%, sementara tidak ada kerugian yang signifikan pada Stoxx 600 pada awal perdagangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung harapan berlangsungnya kegiatan ekonomi negara-negara zona Eropa dengan mulai dibukanya pembatasan penguncian.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here