Indeks Hang Seng Awal Pekan Bangkit oleh Lonjakan Saham Minyak

282

(Vibiznews – Indeks) – Mengawali perdagangan saham pekan ini di bursa Hong Kong pada sesi hari Senin  (18/05/2020), harga saham-saham bangkit setelah selama 4 hari berturut di zona merah. Indeks Hang Seng rebound sejak awal sesi yang berhasil menutupi kerugian akhir pekan lalu.  

Saham Hong Kong mendaki keluar dari zona merah yang  terangkat oleh saham perusahaan-perusahaan energi merespon lonjakan harga minyak mentah dunia, seperti saham  CNOOC Ltd naik 7,84%, saham PetroChina Co Ltd naik 5,47%, dan saham China Petroleum & Chemical Corp naik 3,98%.

Sentimen juga diperkuat oleh optimisme investor akan pembukaan kembali ekonomi  mendorong pemulihan global.  Lonjakan harga minyak mentah yang untungkan saham  perusahaan energi karena adanya pelonggaran kebijakan pembatasan perjalanan di seluruh dunia.

Indeks Hang Seng menguat 137 poin atau  0,58% pada posisi 23.934,77. Demikian untuk indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan naik 0,54%  atau 51,86 poin menjadi 9.726,43. Sepanjang pekan lalu terpantau Hang Seng anjlok 1,8% yang merupakan pelemahan dalam 3 pekan terakhir. 

Melihat pergerakan secara sektoral,  semua sektor utama masuk zona hijau yang dipimpin oleh  saham sektor energi  naik 5,2%, saham sektor TI naik 0,91%, sektor properti naik 0,71% dan sektor keuangan berakhir  0,38% lebih tinggi.

Saham individu yang memimpin penguatan dan menjadi top gainers yaitu saham  CNOOC Ltd naik 7,84%, sedangkan yang memimpin saham merah menjadi top loosers adalah saham Sunny Optical Technology Group Co Ltd  yang turun 11,35%.  Saham pemasok Apple ini turun karena meningkatnya ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China, setelah Washington memberlakukan pembatasan pasokan untuk perusahaan peralatan telekomunikasi Huawei Technologies.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here