Performa Bursa Wall Street Awal Pekan Terbaik Lebih dari Sebulan

341

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Amerika Serikat mencetak performa perdagangan  yang lumayan pada sesi awal pekan yang berakhir Selasa (19/05/2020), terbaik lebih dari sebulan. Terpantau harga saham bergerak secara signifikan lebih tinggi selama sesi perdagangan sehingga indeks utama alami lonjakan.

Indeks Dow Jones dan S&P 500 mencetak keuntungan satu hari terbesar sejak 8 April sementara Nasdaq mencatat kenaikan terbesar sejak 29 April. Indeks Dow Jones  melonjak 911,95 poin atau 3,9 persen menjadi 24.597,37, indeks Nasdaq naik 220,27 poin atau 2,4 persen menjadi 9.234,83 ​​dan indeks S&P 500 melonjak 90,21 poin atau 3,2 persen menjadi 2.953,91.

Rally saham di Wall Street semalam terjadi oleh harapan pemulihan yang lebih cepat dari penurunan ekonomi yang disebabkan pandemik covid-19. Sentimen lebih kuat lagi ketika  Moderna  melaporkan hasil uji coba vaksin fase 1 Moderna menghasilkan respons antibodi positif pada semua 45 sukarelawan manusia yang diuji.  Karenanya saham Moderna akhirnya melonjak hingga 20 persen.

Saham energi juga mencetak kekuatan substansial pada hari itu, diuntungkan dari kenaikan tajam oleh harga minyak mentah.  Karenanya Philadelphia Oil Service Index melonjak sebesar 12,5 persen, sedangkan NYSE Arca Oil Index dan NYSE Arca Natural Gas Index masing-masing melonjak 8,5 persen dan 8 persen.

Kekuatan yang signifikan juga terlihat di antara saham-saham perumahan, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 9 persen oleh Philadelphia Housing Sector Index. Saham-saham baja, perbankan dan transportasi juga mencetak kekuatan yang cukup besar pada hari itu, bergerak naik tajam bersama dengan sebagian besar sektor utama lainnya.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here