Sentimen Ekonomi Jerman Bulan Mei Meningkat Melebihi Perkiraan

201

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen investor Jerman meningkat jauh lebih dari yang diperkirakan pada Mei karena kekhawatiran tentang dampak pandemi coronavirus pada ekonomi terbesar Eropa mereda dan harapan untuk pemulihan pada paruh kedua tahun ini tumbuh, sebuah survei menunjukkan pada hari Selasa (20/05).

Ekonomi Jerman sedang menghadapi resesi terdalam sejak Perang Dunia Kedua, bahkan ketika pihak berwenang mulai melonggarkan langkah-langkah penguncian untuk menahan penyebaran penyakit.

Lembaga penelitian ZEW mengatakan survei bulanannya menunjukkan sentimen ekonomi di kalangan investor naik menjadi 51,0 dari 28,2 pada April. Ekonom memperkirakan pembacaan 32,0.

Pengukur terpisah yang mengukur penilaian investor terhadap kondisi ekonomi saat ini turun menjadi -93,5 dari -91,5 pada bulan sebelumnya. Analis telah memperkirakan pembacaan -88.0.

Investor memperkirakan ekonomi Jerman untuk mengambil langkah lagi pada kuartal keempat, tetapi pemulihan mungkin akan memakan waktu.

Pasar keuangan pada hari Selasa terus menyambut rencana yang dipimpin Jerman dan Perancis untuk dana pemulihan Uni Eropa sebesar 500 miliar euro ($ 547,60 miliar) untuk membantu negara-negara Eropa dan sektor bisnis yang paling terpukul oleh pandemi coronavirus.

Namun, kamar industri dan perdagangan DIHK mengatakan sebelumnya pada hari Selasa bahwa pihaknya memperkirakan ekonomi Jerman menyusut setidaknya 10% tahun ini, pandangan yang jauh lebih pesimistis daripada perkiraan pemerintah.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here