Pembukaan Ekonomi dan Data Positif Dukung Pasar Global – Market Mover by Asido Situmorang, 20 Mei 2020

339

(Vibiznews – Market Mover) Penggerak pasar global pekan ini banyak diwarnai oleh sentimen positif. Pembukaan ekonomi beberapa negara yang terkena pandemi covid 19. Juga dengan adanya rencana terbaru dari Perancis dan Jerman untuk memberikan dana bantuan coronavirus di Eropa senilai 500 miliar euro ($ 545 miliar).

Dari data ekonomi pada hari Kamis akan dirilis data Markit Manufacturing, Services dan Composite bulan Mei baik di Zona Eropa, Inggris, Jerman, Perancis juga di AS semua diindikasikan meningkat. Juga untuk data Jobless Claim yang akan dilaporkan Kamis malam diperkirakan mengalami penurunan.

Bagaimana sentimen penggerak ini mempengaruhi pasar global?

Dengan adanya rencana Perancis dan Jerman untuk memberikan dana bantuan coronavirus di Eropa senilai $ 545 miliar, memberikan penguatan bagi mata uang Euro dan Poundsterling. Dengan demikian terjadi tekanan bagi mata uang dolar AS.

Dengan adanya pembukaan kegiatan ekonomi dan harapan stimulus di Eropa dan penurunan data jobless claim diperkirakan menguatkan bursa global khususnya bursa Eropa dan AS, kecuali ada sentimen negatif yang lebih kuat yang dapat menekan bursa global.

Dari pasar komoditas, minyak mentah akan mencermati data pasokan minyak mentah mingguan AS hari Rabu malam, yang jika terealisir peningkatan pasokan, maka akan menekan harga minyak. Sedangkan harga emas dapat meningkat jika dolar AS tertekan, namun jika pembukaan kegiatan ekonomi memberikan sentimen positif akan menekan harga emas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here