Bursa Wall Street Rebound, Nasdaq Lanjut Naik ke Puncak Tinggi 3 Bulan

388

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham bursa Amerika Serikat yang berakhir pada Kamis (21/05/2020) berhasil mencetak untung lumayan dengan mayoritas indeks utama melompat dari kerugian sesi sebelumnya. Harga saham bergerak rally dengan indeks Nasdaq yang sarat saham teknologi menanjak ke level penutupan terbaiknya dalam tiga bulan.

Indeks Dow Jones melonjak 369,04 poin atau 1,5 persen menjadi 24.575,90, indeks Nasdaq melonjak 190,67 poin atau 2,1 persen menjadi 9.375,78 dan indeks S&P 500 melonjak naik 48,67 poin atau 1,7 persen menjadi 2.971,61.

Rally saham di Wall Street sebagian mencerminkan optimisme yang berkelanjutan tentang pemulihan ekonomi ketika negara-negara mulai dibuka kembali setelah di lockdown akibat  virus corona. Diberitakan negara-negara yang telah dibuka kembali belum terlihat lonjakan dalam kasus coronavirus, yang telah menyebabkan harapan ekonomi dapat pulih lebih cepat daripada prediksi banyak ekonom.

Sentimen diatas berhasil menguasai pasar yang sempat dibayangi  laporan yang menimbulkan keraguan tentang vaksin coronavirus Moderna yang potensial. Laporan dari STAT News mempertanyakan validitas hasil uji coba vaksin Moderna yang telah mengirim pasar saham melonjak tinggi awal pekan.

Pergerakan positif saham juga dihasilkan sebagai reaksi terhadap berita pendapatan dari Lowe’s sebagai toko ritel perbaikan rumah yang melaporkan hasil kuartal pertama yang melebihi perkiraan analis.

Pada saat yang sama, risalah pertemuan kebijakan moneter terbaru Federal Reserve menyoroti kekhawatiran tentang ketidakpastian yang luar biasa dan risiko besar terhadap aktivitas ekonomi yang diciptakan oleh pandemi coronavirus. Risalah mengatakan peserta pada pertemuan akhir April membahas beberapa skenario alternatif sehubungan dengan perilaku kegiatan ekonomi dalam jangka menengah yang semuanya tampaknya sama-sama mungkin.

Melihat pergerakan indeks secara sektoral, saham energi membantu memimpin lebih tinggi yang membuat Philadelphia Oil Service Index melonjak 6,4 persen, NYSE Arca Oil Index melonjak sebesar 4 persen dan NYSE Arca Natural Gas Index melonjak 2,7 persen.

Kekuatan signifikan juga terlihat di antara saham semikonduktor, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 3,7 persen oleh Philadelphia Semiconductor Index. Indeks mengakhiri sesi pada penutupan tertinggi tiga bulan.

Saham-saham transportasi, finansial, jaringan dan perangkat keras komputer mencetak kekuatan yang cukup besar, sementara terjadi pergerakan sebaliknya pada saham emas  meskipun ada kenaikan harga logam mulia.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here