Rekomendasi Harga Emas 25 – 29 Mei 2020: Bisakah Menembus $1,800 Minggu Ini?

2118

(Vibiznews-Commodity) Meningkatnya ketegangan antara AS dengan Cina membuat harga emas bertahan dalam kenaikan dan harga saham turun pada akhir minggu lalu. Eskalasi ketegangan hubungan AS-Cina yang terakhir dipicu oleh karena Cina mempublikasikan rancangan undang-undang untuk mengenakan peraturan keamanan di Hong Kong yang membatasi kebebasan penduduk Hong Kong secara signifikan.

Amerika Serikat menyebut proposal Cina sebagai malapetaka dan mendesak Cina untuk membatalkannya. Hal ini memicu akan munculnya protes dan demonstrasi di Hong Kong yang akan memperburuk hubungan AS dengan Cina.

Meskipun Cina mengalami rally pada hari Jumat, metal berharga kuning ini mandek di rentang yang sempit. Emas berjangka Comex bulan Juni terakhir diperdagangkan pada $1,734.50, naik 0.73% dalam sehari.

Dalam jangka pendek, meningkatnya ketegangan geopolitik bisa merintangi kenaikan dari harga emas karena para trader dan investor akan lebih dulu memilih dolar AS.

Meningkatnya ketegangan dalam jangka pendek akan membuat matauang Cina RMB melemah dan dolar AS naik menguat. Ketika dolar AS menguat, emas tidak bisa naik dengan kuat. Dalam jangka panjang, kekuatiran akan perdagangan dan perekonomian global bisa mendorong emas naik.

Penting juga untuk memperhatikan bagaimana ketegangan geopolitik ini mempengaruhi pemulihan ekonomi global dan apakah bisa memaksa para bank sentral untuk melakukan langkah-langkah pelonggaran lebih jauh. Apabila ini terjadi maka ini adalah faktor yang positip bagi harga emas.

Emas selama ini sulit untuk menembus level $1,800 meskipun ada dukungan yang solid bagi harga emas di level $1,700 per ons. Saat ini emas diperdagangkan di sekitar level $1,735. Kelihatannya emas akan bergerak di rentang yang sempit diantara angka-angka ini. Kombinasi antara pasar saham yang menguat, dan diikuti dengan dolar AS yang menguat, dan kekuatiran akan disinflasi dalam jangka pendek akan membuat emas berada pada rentang yang sempit ini.

Secara keseluruhan emas masih bisa mengalami kenaikan pada minggu ini dengan “resistance” terdekat menunggu di $1,742 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,765 dan kemudian $1,788.80. Sedangkan penurunan harga emas akan mendapatkan tantangan dari “support” terdekat di $1,715.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,705.00 dan kemudian $1,700.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here