Bursa Eropa Naik Seiring Optimisme Penemuan Vaksin Coronavirus

514

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Selasa (26/05), seiring meningkatnya optimisme penemuan vaksin coronavirus.

Indeks Stoxx 600 Eropa melonjak 1,2% pada awal perdagangan, dengan saham perjalanan dan liburan melonjak 5,9% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor, kecuali layanan kesehatan dan telekomunikasi, memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 1,18%. Indeks DAX naik 0,63%. Indeks CAC menguat 1,03%.

Pasar Saham Eropa mengikuti tren positif yang terjadi di Asia, di mana saham melonjak setelah perusahaan bioteknologi Amerika Novavax mengatakan Senin, mereka memulai studi manusia pertama dari percobaan vaksin virus corona.

Perusahaan memperkirakan hasil awal pada respon keamanan dan kekebalan pada bulan Juli. Itu datang di belakang laporan Moderna baru-baru ini tentang perkembangan positif dalam uji coba vaksinnya di mana semua 45 peserta telah mengembangkan antibodi coronavirus.

Investor juga mengawasi ketegangan antara AS dan China, yang menunjukkan tanda-tanda eskalasi selama akhir pekan. Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Robert O’Brien, pada Minggu mengatakan AS kemungkinan akan menjatuhkan sanksi terhadap China jika Beijing menerapkan hukum keamanan nasional yang akan memberinya kontrol lebih besar atas Hong Kong yang otonom.

Operator perjalanan Anglo-Jerman Tui memimpin sektor ini untuk melonjak lebih dari 27% dalam perdagangan awal, sementara rantai bioskop Cineworld melonjak 18% dan induk British Airways IAG naik lebih dari 16%.

Di bagian bawah patokan Eropa, perusahaan biotek Italia Diasorin turun 3,6%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdorong harapan penemuan vaksin coronavirus dan harapan pemulihan ekonomi dan bisnis di negara-negara Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here