Bursa Hong Kong Optimis Janji Stimulus China, Hang Seng 26 Mei Rally

442

(Vibiznews – Indeks) – Pemulihan saham-saham di bursa Hong Kong terus berlanjut hingga penutupan perdagangan sesi hari Selasa (26/05/2020), dengan indeks Hang Seng bergerak rally kuat  merespon optimisme kebijakan Cina serta pembukaan kembali kegiatan ekonomi global.

Kekuatan saham Hong Kong yang mengikuti trend pergerakan rally bursa saham kawasan Asia karena investor menyambut janji stimulus lebih banyak di Cina dan pembukaan kembali ekonomi global secara bertahap. Gubernur bank sentral Yi Gang mengatakan dalam sebuah wawancara; Cina akan memperkuat kebijakan ekonominya dan melanjutkan upaya untuk menurunkan suku bunga pinjaman.

Komentar Yi ini meredakan ketegangan investor sebelumnya oleh ketegangan yang membara antara Washington dan Beijing terkait perdagangan, virus korona dan proposal China untuk undang-undang keamanan yang lebih ketat di Hong Kong.

Indeks Hang Seng menguat  432,42 poin atau 1,88% ke posisi 23.384,66. Demikian untuk indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan naik 1,37%  atau 129,26 poin menjadi 9.595,2.  Demikian indeks Hang Seng berjangka masih bergerak posiif  dengan penguatan 1,62% ke posisi 23.372.  

Melihat pergerakan secara sektoral,  semua sektor utama bergerak kuat di zona hijau yang dipimpin oleh  saham sektor TI naik 3,03%, sektor properti naik 2,82%, saham sektor energi  naik 1,3%  dan sektor keuangan berakhir  1,44% lebih tinggi.  Saham individu yang memimpin pelemahan dan menjadi top losers yaitu saham  Bursa Hong Kong dan Kliring Ltd, yang turun 0,95%. Sedangkan saham top gainers yaitu saham Henderson Land Development Co Ltd, yang naik 4,82%.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here