Bursa Eropa Bergerak Naik, Dibayangi Ketegangan AS-China

414

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak naik pada hari Rabu (27/05) dengan ketegangan AS-China membatasi optimisme pasar atas pembukaan kembali ekonomi.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,3% lebih tinggi pada awal perdagangan, dengan sektor perbankan melonjak 2,3% untuk memimpin kenaikan sementara saham teknologi turun 0,7% lebih rendah.

Indeks FTSE naik 1,28%. Indeks DAX menguat 1,89%. Indeks CAC meningkat 1,94%.

Pasar Eropa bergerak dengan menimbang dampak potensial dari meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing, terhadap ekonomi yang dibuka kembali setelah penguncian coronavirus.

Sebuah laporan Bloomberg News mengatakan AS sedang mempertimbangkan sanksi terhadap perusahaan dan pejabat China atas situasi di Hong Kong. Presiden A.S. Donald Trump mengatakan Selasa sore bahwa dia akan membuat pengumuman tentang tanggapan pemerintah terhadap tindakan China pada akhir minggu ini. Saham-saham di Asia Pasifik bervariasi dalam perdagangan Rabu sore.

Saham Eropa bisa mendapatkan dorongan pada hari Rabu ketika Komisi Eropa meluncurkan paket stimulus terkait-virus baru. Itu terjadi setelah Jerman dan Prancis mengusulkan pekan lalu untuk meningkatkan utang Eropa bersama dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi kawasan dari krisis coronavirus.

Di Inggris, tekanan meningkat pada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebagai pertempuran politik atas posisi pembantu utamanya, Dominic Cummings, yang dituduh melanggar aturan kuncian di Inggris. Cummings menolak untuk meminta maaf dan Boris Johnson telah mendukung penasihatnya, meskipun ada banyak permintaan agar Cummings mengundurkan diri.

Krisis ini dianggap merusak Partai Konservatif yang berkuasa. Sebuah survei YouGov untuk surat kabar The Times menunjukkan kepemimpinan Konservatif atas partai oposisi Partai Buruh telah terpangkas sembilan poin dalam seminggu. Dukungan untuk Tories turun empat poin menjadi 44%, sementara dukungan untuk Buruh naik lima poin menjadi 38% dibandingkan dengan seminggu yang lalu, kata Times.

Di depan data, kepercayaan konsumen Perancis untuk Mei dirilis pada hari Rabu. Renault-Nissan-Mitsubishi akan memberikan pembaruan merger, sementara BP menjalankan RUPS.

Saham operator perjalanan Anglo-Jerman Tui menambah lonjakan luar biasa 52% hari Selasa untuk rally oleh 23% lainnya di awal perdagangan, didukung oleh prospek pembatasan perjalanan yang dicabut di Eropa.

Di bagian bawah benchmark Eropa, bank Italia Nexi turun 6%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdorong harapan penemuan vaksin coronavirus dan pembukaan ekonomi, namun masih dibayangi sentimen bearish ketegangan AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here