Harga Gula di London Naik ke Tertinggi 2 1/2 bulan

305

(Vibiznews – Commodity) – Harga gula di London pada hari Selasa naik ke tertinggi 2 ½ bulan dan harga di New York masih dibawah dua bulan tertinggi pada hari Kamis. Harga gula naik karena menguatnya harga minyak mentah dan menguatnya real Brazil.

Harga gula Juli di ICE New York pada hari Selasa naik 12 sen (1.10%) menjadi $11.05 dan harga gula putih Agustus di ICE London naik 2.59%.

Harga minyak mentah WTI naik lebih dari 1% pada hari Selasa ke tertinggi 2 ½ bulan sehingga harga etanol meningkat, membuat pabrik tebu kembali memproduksi etanol sehingga persediaan gula berkurang.

Penguatan real Brazil pada hari Selasa membuat harga gula naik, Real naik 1.75% dan mencapai tertinggi 3 minggu terhadap dolar, membuat harga gula Brazil lebih mahal bagi pembeli di luar Brazil sehingga ekspor berkurang.

Melemahnya permintaan etanol di Brazil membuat harga gula turun karena pandemic covid-19 membuat turunnya pertumbuhan ekonomi. Unica melaporkan pada hari Selasa penjualan etanol di Pusat dan Selatan Brazil turun 22 % dari tahun lalu menjadi 1.055 milyar liter pada pertengahan pertama Mei. Permintaan etanol berkurang menyebabkan pabrik tebu mengurangi produksi etanol dan meningkatkan produksi gula.

Perkiraan USDA – FAS pada hari Kamis mengatakan bahwa produksi gula di 2020/21 meningkat 13.2% dari tahun lalu menjadi 188.1 MMT, sehingga persediaan akhir turun hanya 2% menjadi 43.55 MMT.

Produksi gula di India, negara produsen gula terbesar ke dua dunia menurun, menurut  ISMA pada hari Senin bahwa produksi India dari Oktober – 15 Mei turun 19% dari tahun lalu menjadi 26.47MMT.

Pabrik tebu di Brazil berusaha memenuhi kekurangan gula putih di pasar, karena produksi India berkurang akibat kesulitan pengiriman dan panen yang sulit akibat wabah covid-19. Thailand menurunkan area penanaman tebu dan kekurangan hujan selama musim monsoon.

Analisa tehnikal untuk gula dengan support pertama di $10,70 dan berikut ke $10,40 sedangkan resistant pertama di $11.30 dan berikut ke $11.60.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here