Bursa Eropa Bergerak Naik Terbantu Rencana Stimulus ECB

377

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak naik pada hari Kamis (28/05) seiring pembukaan kembali ekonomi dan rencana stimulus Bank Sentral Eropa (ECB) yang besar mengimbangi kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan antara AS dan China.

Indeks Stoxx 600 naik 1,2% selama perdagangan sore, dengan saham telekomunikasi melonjak 2% karena semua sektor memasuki wilayah positif kecuali otomotif yang turun 1,2%.

Indeks FTSE naik 1,3%. Indeks DAX naik 1,29%. Indeks CAC naik 1,94%.

Investor akan mengawasi perkembangan ketegangan yang meningkat antara AS dan China, dengan perdagangan, pandemi coronavirus, dan sekarang Hong Kong menjadi fokus dalam perselisihan tersebut.

Menteri Luar Negeri A.S. Mike Pompeo mengatakan kepada Kongres pada hari Rabu bahwa Hong Kong tidak lagi otonom dari China, mengajukan pertanyaan tentang hubungan perdagangan yang menguntungkan kawasan administratif khusus dengan AS serta membuka kemungkinan sanksi terhadap pejabat Cina.

Komentar Pompeo muncul setelah proposal undang-undang keamanan nasional dari Beijing yang memicu protes di Hong Kong. RUU ini disetujui oleh Kongres Rakyat Nasional China pada hari Kamis, membuka jalan bagi implementasinya.

Kembali di Eropa, pasar bereaksi terhadap pengumuman Komisi Eropa pada hari Rabu mengenai rencana dana pemulihan 750 miliar euro ($ 826,5 miliar) karena kawasan itu menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak 1930-an.

Saham Cineworld terus rally pada hari Kamis, melonjak 25% pada sore hari setelah rantai bioskop menerima dorongan likuiditas dari pemberi pinjaman menjelang rencana untuk membuka kembali pada bulan Juli.

Penyedia ruang kantor berbasis di Luxembourg, IWG, naik 15% setelah penawaran saham.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, mobil mewah Inggris dan produsen mesin pesawat Rolls-Royce turun lebih dari 8% setelah investor AKO Capital melepas sahamnya di perusahaan dengan diskon.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here