Harga Karet Tocom Awal Juni Mendaki ke Posisi Tertinggi Pekan Lalu

893

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet yang diperdagangkan di bursa internasional bergerak lebih tinggi pada perdagagan awal bulan Juni hari Senin (01/06/2020), setelah 3 hari perdagangan alami pelemahan. Perdagangan karet Tocom awal pekan ini berhasil mengembalikan kerugian perdagangan sepanjang pekan lalu. 

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan November 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat  0,8 yen  atau 0,5%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 154.3 yen, setelah sempat mencapai posisi rendah di posisi  149.6 yen dan posisi tertinggi di 154,3.

Penguatan harga juga terjadi pada perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), untuk  karet  kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 10315 yuan, yang menguat sekitar 110 yuan atau 1,07% dari posisi sebelumnya. Demikian juga untuk karet di Sicom, untuk kontrak berjangka bulan Agustus  melemah  US$1 atau 1,72% ke posisi 118.5.

Sentimen investor di ketiga bursa diatas dipengaruhi oleh optimisme pemulihan kegiatan ekonomi global pasca pandemik covid-19 dan juga pergerakan rebound harga minyak mentah berjangka internasional untuk jenis Brent yang sedang bergerak rally. Tambahan sentimen dari pergerakan lemah yen Jepang pada awal sesi Asia di bursa komoditas Tocom.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here