Rekomendasi Harga Minyak 1 – 5 Juni 2020: Tren Naik dibayangi Tekanan Turun Karena Ketegangan AS – Cina.

425

(Vibiznews – Commodity) Minyak berjangka WTI kontrak bulan Juli di Nymex sempat mengalami tekanan jual dan turun menembus level $33 sebelum akhirnya naik kembali. Penurunan disebabkan karena munculnya keengganan terhadap resiko yang karena meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dengan Cina yang dipicu terakhir oleh isu mengenai Hong Kong, dimana Cina mengenakan undang-undang keamanan yang baru yang memperketat pengawasannya atas Hong Kong dan hal ini membuat AS marah. Pertikaian diantara kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini memiliki daftar persoalan yang panjang. Selain isu Hong Kong yang terakhir, hal lainnya adalah masalah pandemik Coronavirus yang mana Amerika Serikat terus mempersalahkan Cina karena tidak menangangi masalah kesehatan ini dari sejak awal yang mana sebenarnya bisa dihindarkan. Selain itu juga sola Huawei dan Oppo yang ada dalam pemeriksaan karena pencurian tehnologi sedang mencari kebebasan dari ketergantungan terhadap produk-produk AS.

Meskipun sempat turun, harga minyak WTI masih dalam jalur kenaikannya dan berhasil membukukan keuntungan bulanan terbesar sebesar 76% dengan terakhir harga minyak WTI diperdagangkan disekitar $35.46.

Kenaikan harga minyak masih dipengaruhi oleh komitmen akan dilanjutkannya pemangkasan produksi minyak oleh para produser minyak utama dunia yang tergabung di dalam OPEC+ yang telah dimulai sejak tanggal 1 Mei bulan lalu. Selain itu ditopang juga oleh optimisme yang berasal dari pelonggaran restriksi dari “lockdown” coronavirus di seluruh dunia yang membawa kepada peningkatan permintaan terhadap minyak dunia.

Angka Covid-19 terus menurun di Itali dan Spanyol, negara yang terpukul paling keras di benua Eropa, yang juga sedang bergerak dengan cepat kembali ke normal.

Optimisme bisa mengalahkan coronavirus dan kembalinya ke kegiatan normal membebani dolar AS yang “safe-haven” yang pada gilirannya mendorong kepada kenaikan harga minyak dan komoditi lainnya. Beberapa perusahaan Amerika seperti Novavax dan Inovio melaporkan kemajuan dalam hal vaksin coronavirus. Sementara Merck, perusahaan farmasi raksasa, mengatakan bahwa kehati-hatian dijamin, dan pasar menyambut gembira berita in, termasuk berita dilepaskannya restriksi di California lebih cepat.

Dari perspektif tehnikal, kenaikan yang besar di bulan Mei mengkonfirmasi pola reversal bullish di dalam grafik bulanan. Resistance terdekat menunggu di $36.03 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $37.98 dan kemudian $38.90. Sedangkan “support” terdekat menunggu di $32.02 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $30.14 dan $28.95.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here