Bursa Eropa Menguat Terdukung Harapan Pemulihan Ekonomi

256

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Selasa (02/06) tedorong harapan positif pembukaan kembali ekonomi pasca penguncian pandemi coronavirus mengabaikan kekisruhan di AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,65% pada perdagangan awal terdukung pembukaan kembali ekonomi dan harapan untuk pemulihan global yang memberikan sentimen positif bagi pasar. Saham otomotif melonjak 4,9% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor kecuali perawatan kesehatan memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 1%. Indeks DAX melonjak 3,78%. Indeks CAC menguat 2%.

Saham-saham di Asia-Pasifik sebagian besar lebih tinggi pada perdagangan Selasa sore meskipun ketegangan antara AS dan China terjadi. China telah mengatakan kepada perusahaan-perusahaan milik negara untuk menghentikan pembelian kedelai dan daging babi dari AS, Reuters melaporkan Senin.

Pengembang properti Inggris Hammerson melonjak 22% setelah mengumumkan bahwa situsnya akan dibuka kembali mulai 15 Juni. Pengecer perjalanan Swiss Dufry naik 13,6%

Saham Aroundtown naik 11% setelah resolusi pembelian kembali saham.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan farmasi dan bioteknologi Sartorius dan Biomerieux keduanya turun 5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik seiring harapan pembukaan ekonomi dan pemulihan ekonomi global pasca penguncian di berbagai negara.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here