Laju Saham Wall Street Berlanjut, Bursa Amerika Awal Pekan Kuat

375

(Vibiznews-Index) – Bursa Amerika kembali memberikan sinyal positif bagi bursa saham global dengan kenaikan lanjutan indeks utamanya yang berakhir pada sesi perdagangan  Selasa (02/06/2020). Pergerakan kuat harga saham Wall Street sejak semalam memberikan tenaga kembali bagi penutupan tinggi indeks utamanya seperti S&P500 mengakhiri sesi pada level penutupan terbaik mereka dalam tiga bulan.

Indeks Dow Jones naik 91,91 poin atau 0,4 persen menjadi 25.475,02, indeks Nasdaq naik 62,18 poin atau 0,7 persen menjadi 9.552,05 dan indeks S&P 500 naik 11,42 poin atau 0,4 persen menjadi 3.055,73.

Kekuatan lanjutan di Wall Street datang setelah rilis laporan dari Institute for Supply Management yang menunjukkan aktivitas manufaktur AS kontraksi pada tingkat yang lebih lambat di bulan Mei. Indeks  naik menjadi 43,1 pada Mei dari 41,5 pada April, datang tepat di bawah perkiraan ekonom untuk pembacaan 43,6.

Laporan dari ISM ini muncul setelah survei swasta yang menunjukkan sektor manufaktur China meningkat pada bulan Mei. Indeks PMI manufaktur Caixin berada di 50,7 pada Mei, mengalahkan ekspektasi untuk skor 49,6 dan naik dari 49,4 pada April.

Laporan terpisah dari Departemen Perdagangan menunjukkan penurunan tajam dalam pengeluaran konstruksi AS di bulan April, meskipun penurunannya jauh lebih kecil dari yang diperkirakan para ekonom.

Investor umumnya tetap optimis tentang ekonomi dibuka kembali meskipun kerusuhan politik sedang terjadi di seluruh negeri, yang telah memaksa sejumlah pengecer besar untuk sementara waktu menutup toko mereka di daerah yang dilanda protes keras.

Melihat pergerakan secara sektoral, saham-saham emas bergerak naik tajam selama sesi perdagangan, mendorong Indeks Nyamuk Emas NYSE naik 2,8 persen.  Kekuatan yang signifikan juga terlihat di antara saham-saham perbankan, dengan Indeks KBW Bank melonjak 1,9 persen setelah mundurnya tajam terlihat pada dua sesi sebelumnya.

Pergerakan saham gas alam, real estat komersial dan saham minyak juga melihat kekuatan yang cukup besar pada hari itu, bergerak lebih tinggi bersama dengan sebagian besar sektor utama lainnya.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here