Rekomendasi Harga Minyak 2 Juni 2020: Bertahan di Batas $35 Ditengah Ancaman Bangkitnya Perang Dagang.

373

(Vibiznews-Commodity) Minyak berjangka WTI, kontrak bulan Juli di Nymex membukukan sedikit kerugian pada perdagangan sesi Eropa, memperpanjang konsolidasi dari kenaikan sebelumnya dari puncak tiga bulan di $35.89 pada awal perdagangan sesi Asia.

Para penjual terus mengintip setiap usaha diatas rintangan $35.50, pada pergerakan sentimen terhadap resiko yang terbaru atas laporan bahwa Cina telah meminta perusahaan lokalnya untuk menghentikan impor barang-barang pertanian Amerika Serikat. Hal ini datang setelah Beijing mengevaluasi tindakan AS atas isu Hong Kong. Para investor tetap kuatir mengenai dampaknya atas kesepakatan perdagangan fase kesatu AS dengan Cina.

Sementara itu, emas hitam tetap menarik dukungan dari pembicaraan sekitar perpanjangan pemangkasan produksi minyak OPEC+, dengan laporan dari Reuters yang terbaru menyebutkan bahwa OPEC dan Rusia sedang bergerak mendekati kompromi mengenai durasi dari perpanjangan pemangkasan produksi minyak satu atau dua bulan ke depan.

Lebih lanjut, optimisme mengenai pemulihan ekonomi global dengan negara-negara membuka kembali ekonomi mereka dari restriksi lockdown karena pandemik coronavirus, membantu pergerakan naik harga minyak bertahan di batas $35. WTI juga diuntungkan dengan melemahnya dolar AS dengan indeks dolar AS DXY turun ke 98.00.

Sementara, pasar menggali berita bahwa Arab Saudi diperkirakan akan menaikkan official selling price (OSP) nya untuk semua “grade” yang dijual ke Asia pada bulan Juli.

ISM PMI manufaktur AS muncul di 43.1, meleset dari ekspektasi pasar.

Penurunan harga minyak akan berhadapan dengan “support” terdekat di $33.38 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $31.28 dan kemudian $30.01. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $36.76 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $38.02 dan kemudian $40.13.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here