Saham Bursa Jepang Melaju ke Posisi Tertinggi 3 Bulan Lebih

364
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Harga saham di bursa Jepang melaju cukup kuat sejak awal perdagangan hari Selasa (02/06/2020), dengan indeks Nikkei ditutup pada posisi tertinggi 3 bulan lebih yang baru. Berlanjutnya rally saham awal pekan di tengah posisi yen Jepang yang sedang melemah terhadap dolar AS dan menguntungkan saham-saham eksportir utama.

Meningkatnya saham-saham di bursa Jepang tersebut diuntungkan sebagian besar dari kegiatan ekonomi yang dibuka kembali. Pemerintah di seluruh negara dan dunia secara perlahan mengangkat pembatasan kegiatan ekonomi yang sebelumnya demi memperlambat penyebaran pandemi coronavirus.

Selain itu juga Jepang mempertimbangkan pelonggaran larangan masuk bagi orang-orang dari Thailand, Vietnam, Australia, dan Selandia Baru di mana infeksi coronavirus kini tampaknya terkendali.

Indeks Nikkei ditutup naik 280 poin atau 1,27% menjadi 22352, merupakan posisi tertinggi sejak perdagangan 26 Februari 2020. Untuk indeks Topix naik 18,93 poin atau 1,21%  pada 1.587,68.  Demikian indeks Nikkei berjangka bulan Juni 2020 kini sedang bergerak negatif juga  dengan naik 125 poin atau 0,56% ke posisi 22.355.

Melihat pergerakan saham-saham eksportir utama yang juga memiliki kapital besar, saham  Toyota, Sony, Denso, Canon, Honda Motor, Japan Tobacco dan Mitsubishi alami kenaikan harga saham dalam kisaran 1 hingga 3 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here