Bursa Eropa Bergerak Naik Terdukung Pembukaan Aktivitas Ekonomi dan Bisnis

486

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak positif pada hari Rabu (03/06) terbantu pembukaan kembali ekonomi dan bisnis mengatasi sentimen bearish gelombang protes di AS dan ketegangan AS-China.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,1% di awal perdagangan, dengan saham asuransi menambahkan 3,7% untuk memimpin kenaikan dengan semua sektor dan bursa utama naik.

Indeks FTSE naik 1,15%. Indeks DAX melonjak 2,33%. Indeks CAC naik 2%.

Sementara itu, saham di Asia melonjak pada perdagangan Rabu sore, dengan optimisme atas pembukaan kembali ekonomi karena pihak berwenang mempermudah langkah-langkah penguncian yang disebabkan oleh virus corona.

Berita Coronavirus tetap menjadi fokus pasar. Penasihat kesehatan Gedung Putih Dr. Anthony Fauci mengatakan pada hari Selasa bahwa ia khawatir tentang daya tahan dari vaksin coronavirus yang potensial, mencatat bahwa ada kemungkinan vaksin tidak dapat memberikan kekebalan jangka panjang.

Di Eropa, Lufthansa melaporkan kerugian bersih 2,1 miliar euro ($ 2,35 miliar) untuk tiga bulan pertama tahun ini. Saham maskapai Jerman bertambah 4,4% pada awal perdagangan.

Grup barang-barang mewah Prancis, LVMH, yang mengusulkan pengambilalihan Tiffany & Co. senilai $ 16,2 miliar saat ini tampak tidak pasti, dengan publikasi mode WWD melaporkan bahwa dewan LVMH telah melakukan reservasi di tengah pandemi coronavirus dan situasi keamanan yang terurai di AS. Saham LVMH tampaknya tidak terpengaruh, naik tipis 0,1% lebih tinggi.

Pengembang properti Inggris Hammerson melonjak 20% menjelang pembukaan kembali situsnya pada 15 Juni. Operator perjalanan Anglo-Jerman Tui dan pengecer perjalanan Swiss Dufry keduanya naik lebih dari 10%.

Renault menambahkan 7,9% setelah Goldman Sachs meng-upgrade saham produsen mobil Prancis menjadi “beli”, mengutip fokus bergeser ke arah profitabilitas dan jauh dari pertumbuhan.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan terapi radiasi Swedia Elekta turun 5,9% setelah pengunduran diri presiden dan CEO-nya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa masih berpotensi naik terdukung pembukaan ekonomi dan bisnis pasca penguncian di berbagai negara.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here