Optimisme Investor Global Semakin Untungkan Bursa Amerika

345

(Vibiznews-Index) – Optimisme investor global kembali memberikan keuntungan bagi Bursa Amerika dengan harga saham yang terus menanjak tinggi hingga akhir perdagangan sesi, Rabu (03/06/2020). Indeks utama di Wall Street bergerak rally dengan mencetak penguatan tertinggi 3-1/2 bulan untuk Nasdaq, disusul Dow Jones dan S&P500 ke posisi tertinggi 3 bulan.

Indeks Dow Jones melonjak 267,63 poin atau 0,6 persen menjadi 25.742,65, Nasdaq naik 56,33 poin atau 0,6 persen menjadi 9.611,22 dan S&P 500 naik 25,09 poin atau 0,8 persen menjadi 3.080,82.

Kekuatan saham Wall Street memperpanjang tren kenaikan baru-baru ini di tengah optimisme tentang pemulihan ekonomi karena bisnis dibuka kembali setelah lockdown yang disebabkan oleh coronavirus. Meskipun para ahli ekonomi berpendapat  pemulihan akan memakan waktu, tetapi investor tampaknya mengabaikan kekhawatiran itu dengan perdagangan saham terus pulih dari posisi terendah pada bulan Maret.

Sentimen investor kali ini juga sebagian besar mengabaikan aksi unjuk rasa berujung ricuh di AS. Pasar yakin pemerintah AS sanggup mengatasi permasalahan hukum yang mendatangkan kerusuhan tersebut.

Melihat pergerakan secara sektoral, saham  energi paling banyak mensupport kenaikan indeks yang diuntungkan dari kenaikan tajam oleh harga minyak mentah. Sehingga  Philadelphia Oil Service Index melonjak 4,1 persen, NYSE Arca Oil Index melonjak 3,3 persen dan NYSE Arca Natural Gas Index melonjak 3,1 persen.

Kekuatan substansial juga terjadi di antara saham baja, sebagaimana tercermin oleh lompatan 3,2 persen oleh NYSE Arca Steel Index. Kemudian saham kimia, semikonduktor, dan transportasi juga alami kekuatan yang cukup besar pada hari itu. Namun pergerakan sebaliknya terjadi pada saham emas  di tengah penurunan tajam  harga logam mulia.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here