Klaim Pengangguran AS Naik Melebihi Perkiraan

455

(Vibiznews – Economy & Business) Pengajuan klaim asuransi pengangguran mencapai 1.877 juta pekan lalu sebagai tanda bahwa angka yang terburuk telah berakhir untuk krisis pekerjaan terkait coronavirus, tetapi tingkat pengangguran tetap tinggi.

Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones telah memperkirakan 1,775 juta klaim baru. Namun total mewakili penurunan dari minggu sebelumnya yang direvisi naik total 2,126 juta. Pengajuan di bawah program Bantuan Pengangguran Pandemi berjumlah 623.073.

Ini adalah pertama kalinya klaim berada di bawah 2 juta sejak pekan yang berakhir 14 Maret.

Klaim Lanjutan, yang memberikan gambaran yang lebih jelas tentang berapa banyak orang Amerika tetap menganggur, berjumlah 21,5 juta, naik 649.000 selama sepekan terakhir, juga lebih lemah dari yang diperkirakan Wall Street.

Tingkat pengangguran yang diasuransikan, yang merupakan ukuran sederhana dari mereka yang mengumpulkan tunjangan dibandingkan dengan total angkatan kerja, naik 0,5 poin persentase menjadi 14,8%.

Angka-angka datang sehari sebelum Departemen Tenaga Kerja merilis laporan nonfarm payrolls untuk Mei. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan penurunan 8,3 juta dan tingkat pengangguran 20,5%, lebih dari dua kali lipat tingkat sebelumnya tertinggi sejak Depresi Hebat.

Ketika negara-negara mulai dibuka kembali setelah hampir sepenuhnya ditutup untuk bagian yang lebih baik dari tiga bulan, begitu pula tanda-tanda tumbuh untuk krisis ekonomi yang kemungkinan akan mendorong tingkat pengangguran menjadi sekitar 20% untuk bulan Mei. Lebih dari 42,6 juta orang Amerika telah mengajukan klaim pengangguran sejak penutupan dimulai pada pertengahan Maret.

Titik data terbaru adalah laporan penggajian swasta hari Rabu dari ADP, yang menunjukkan penurunan 2,76 juta pada bulan Mei. Sementara itu tetap jauh lebih tinggi dari apa pun yang dilihat oleh ekonomi AS di era pra-coronavirus, itu jauh dari ekspektasi Wall Street tentang penurunan 8,75 juta.

Di tingkat negara bagian, New York menunjukkan perubahan paling mencolok, jatuh 106.106 dari seminggu yang lalu, menurut angka yang tidak disesuaikan. Michigan menurun 23.539 dan Texas melihat penurunan 20.896. Keuntungan signifikan datang dari Florida (31.083) dan California (27.199).

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here