Bursa Eropa Rebound Terbantu Stimulus ECB dan Peningkatan NFP AS

515

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa menguat pada Jumat (05/06) dengan investor mencerna ekspansi program pembelian obligasi Bank Sentral Eropa dan hasil laporan nonfarm payroll AS yang meningkat.

Indeks FTSE 100 Inggris menambahkan 0,91%, sementara indeks DAX Jerman naik 1,52% dan indeks CAC 40 Prancis menguat 1,80% dengan sebagian besar bursa utama memasuki wilayah positif.

ECB pada hari Kamis mengumumkan perluasan Program Pembelian Darurat Pandemi (PEPP) 600 miliar euro ($ 672 miliar), peningkatan yang lebih besar dari yang diperkirakan para analis.

Suntikan baru membawa total pembelian obligasi bank sentral menjadi 1,35 triliun euro karena terlihat untuk mengatasi apa yang Presiden ECB Christine Lagarde sebut sebagai kontraksi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam ekonomi zona euro.

Saham di Asia Pasifik sebagian besar lebih tinggi selama perdagangan Jumat sore, dipimpin oleh kenaikan 1,24% untuk Kospi Korea Selatan.

Reli pasar global minggu ini terhenti pada hari Kamis, tetapi tampaknya akan dilanjutkan pada hari Jumat karena pembukaan kembali ekonomi dan langkah-langkah stimulus fiskal dan moneter yang substansial terus mendorong sentimen risk-on.

Kenaikan bursa Eropa juga didorong hasil Non Farm Payroll AS yang meningkat.

Pasar juga memantau kemajuan pada vaksin Covid-19 karena ekonomi ingin membuka kembali setelah bulan-bulan terkunci karena pandemi. Pembuat obat asal Inggris, AstraZeneca, menggandakan kapabilitas pembuatannya untuk vaksin potensial menjadi 2 miliar dosis dengan distribusi diharapkan akan mulai musim gugur ini.

Sebuah survei dari UK pada hari Jumat menunjukkan kepercayaan konsumen pada akhir Mei jatuh ke level terendah sejak krisis keuangan global, sementara penjualan ritel anjlok 18% sepanjang bulan.

Pesanan pabrik Jerman turun 25,8% pada bulan Mei, menurut angka yang dirilis Jumat pagi, kontraksi yang lebih drastis dari yang diperkirakan para analis karena ekonomi terbesar Eropa terus ditekan oleh penutupan industri sebagai akibat dari pandemi.

Induk British Airways IAG melihat sahamnya melonjak 11,5% pada awal perdagangan, memimpin kebangkitan untuk saham perjalanan karena langkah-langkah penguncian berkurang, dan mencapai tertinggi sejak pertengahan Maret. Saham EasyJet juga naik 9,5%.

Tidak ada kerugian yang signifikan di awal sesi, meskipun perusahaan perangkat lunak Jerman Teamviewer merosot 3,9%, setelah menjadi salah satu dari segelintir saham yang diuntungkan oleh penutupan ekonomi yang meluas dan pekerjaan rumahan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring harapan kembali pemulihan ekonomi dan bisnis pasca stimulus tambahan dari ECB, juga hasil laporan dari Non Farm Payroll AS yang meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here