Rekomendasi Harga Minyak 8 – 12 Juni 2020: Naik ke Level Tertinggi Sejak Awal Bulan Maret.

380

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah mengalami sedikit kenaikan pada hari Kamis minggu lalu dan lalu naik tajam pada hari Jumat didorong oleh sentimen pasar yang bagus disekitar pertemuan OPEC+.  Minyak WTI sempat naik ke level tertinggi sejak awal bulan Maret di $39.54 sebelum memasuki fase konsolidasi.  Harga minyak WTI naik 5.4%  pada hari Jumat di $39.35.

Sebelumnya, beberapa berita baru melaporkan bahwa Rusia dan Arab Saudi setuju untuk memperpanjang pemangkasan produksi yang sedang berlangsung sekarang untuk jangka waktu paling tidak satu bulan. Menteri energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan kepada Reuters bahwa kondisi sekarang penuh dengan harapan akan berhasilnya pertemuan OPEC+.

Selain itu, data yang dipublikasikan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS menunjukkan kenaikan yang mengejutkan dalam Non-Farm Payrolls pada bulan Mei. Hal ini mengurangi kekuatiran akan outlook permintaan terhadap minyak yang berlebihan.

Tingkat pengangguran di Amerika Serikat turun ke 13.3% dari sebelumnya 14.7% dan NFP meningkat 2,5 juta mengatasi jauh dari perkiraan para analis akan penurunan sebanyak 8 juta.

Selanjutnya, Baker Hughes Energy Services memberikan laporan mingguan yang menunjukkan bahwa angka penyulingan minyak yang aktif di Amerika Serikat turun ke rekor kerendahan di 206 dan hal ini membantu WTI mempertahankan keuntungannya.

Minggu ini, harga minyak masih berpeluang mempertahankan kenaikannya dengan pertemuan OPEC+, menghasilkan kesepakatan  untuk memperpanjang satu bulan lagi pemangkasan produksi minyak sebanyak 9.7 juta barel per hari yang sekarang berlaku. Hal ini akan berlangsung sampai pada akhir Juli. Pertemuan OPEC berikutnya akan berlangsung kembali pada tanggal 30 November dan pertemuan OPEC+ akan diadakan kembali pada tanggal 1 Desember 2020.

Melihat kecepatan kemajuan kehidupan setelah Covid di Cina dimana sektor jasa telah kembali ke pertumbuhan di bulan Mei, pola ini bisa terjadi juga di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat yang sedang melonggarkan pengetatan selama ini.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $39.65 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $40.32. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $36.81 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $35.59.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here