Bursa Amerika Semakin Kuat, Nasdaq Tertinggi Sepanjang Sejarah

475

(Vibiznews-Index) – Bursa saham Amerika bergerak naik tajam pada perdagangan awal pekan yang berakhir Selasa subuh WIB (09/06/2020), memperpanjang tren kenaikan yang terlihat selama beberapa sesi terakhir. Pergerakan harga saham yang terus menanjak tersebut membawa S&P 500 menghapus kerugiannya untuk tahun ini dan  Nasdaq  cetak rekor tinggi sepanjang sejarah.

Indeks Dow Jones melonjak 461,46 poin atau 1,7 persen menjadi 27.572,44, indeks Nasdaq melonjak 110,66 poin atau 1,1 persen menjadi 9.924,74 dan indeks S&P 500 melonjak naik 38,46 poin atau 1,2 persen menjadi 3.232,39.

Rally saham di bursa Wall Street oleh  optimisme  investor tentang pemulihan ekonomi global yang cepat setelah bisnis mulai dibuka kembali. Sentimen investor tersebut diperkuat oleh rilis data NFP AS bulan Mei yang menunjukkan peningkatan, demikian China melaporkan surplus dalam neraca perdagangannya.

Optimisnya investor ini menghiraukan beberapa sentimen negatif seperti laporan kasus baru yang meningkat hingga 18000 kasus, negara bagian  Texas, California, Florida melaporkan jumlah pasien meningkat setelah lockdown dibuka kembali lebih awal. Di sisi makro, Biro Riset Ekonomi Nasional (NBER) secara resmi menyatakan AS memasuki resesi pada bulan Februari, mengakhiri ekspansi 128 bulan.

Melihat pergerakan secara sektoral, saham sektor energi membantu untuk indeks  lebih tinggi dengan Philadelphia Oil Service Index meroket 12,1 persen, NYSE Arca Natural Gas Index melonjak 8,1 persen dan NYSE Arca Oil Index melonjak 4,1 persen.

Kekuatan substansial juga terlihat di antara saham baja, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 3,5 persen oleh NYSE Arca Steel Index. Saham-saham perbankan, real estat komersial dan perangkat keras komputer juga mencetak  kekuatan yang cukup besar, bergerak lebih tinggi bersama dengan sebagian besar sektor utama lainnya.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here