PDB Zona Eropa Kuartal Pertama Menyusut di bawah Perkiraan

418

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi zona euro menyusut di bawah perkiraan pada kuartal pertama 2020 akibat pandemi coronavirus, demikian data yang dirilis hari Selasa (09/06).

Ekonomi blok ini menyusut -3,6 persen sejak kuartal terakhir 2019, dibandingkan dengan laporan awal pada bulan Mei yang menempatkan penurunan sebesar -3,8 persen.

PDB zona euro -3,1 persen lebih rendah dari kuartal pertama 2019, kata Eurostat hari ini. Badan ini pada data awalnya memperkirakan penurunan tahun ke tahun menjadi -3,2 persen. Namun itu tetap merupakan penurunan terbesar sejak statistik dimulai pada 1995.

Perdagangan, transportasi, akomodasi, dan makanan mengalami penurunan terbesar, sementara seni dan hiburan keduanya mengalami penurunan kuartalan 6,8 persen.

Namun, penurunan tersebar luas, dengan coronavirus memukul pengeluaran pemerintah, pembelian rumah tangga, investasi dan ekspor.

Indeks zona euro Sentix naik dari minus 41,8 di bulan April menjadi minus 24,8 di bulan Mei, masih merupakan angka yang buruk. Tetapi ekspektasi investor naik untuk bulan ketiga berturut-turut menjadi 21,8 dari minus tiga di bulan April.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here