Rekomendasi Harga Minyak 9 Juni 2020: Turun Karena Arab Saudi dan Sekutu Teluk Mengurangi Pemangkasan Produksi

391

(Vibiznews – Commodity) Minyak WTI mengalami penurunan pada hari Senin kemarin, turun sekitar 3% sejak pembukaan perdagangan sesi Asia setelah usaha pertama untuk menembus rintangan psikologis $40.00 gagal dilampaui. Saat ini diperdagangkan disekitar $38.38.

Harga minyak sempat mengalami kenaikan yang signifikan pada akhir minggu lalu karena keputusan dari kelompok OPEC+ untuk memperpanjang kesepakatan yang sudah ada pemangkasan produksi sebanyak 9.7 juta barel per hari pada akhir bulan Juli, namun sekarang sentiment pasar memburuk karena pengumuman dari Arab Saudi yang mengatakan bahwa Arab Saudi dan sekutu-sekutu teluknya Uni Emirat Arab dan Kuwait akan menahan pemangkasan sukarela tambahan yang dilakukan oleh ketiga negara pada bulan lalu.

Meskipun demikian, penurunan harga minyak pada hari Senin kemarin kelihatannya merupakan koreksi dan mengambil posisi baru untuk menyerang lagi naik ke level $40, dengan dukungan yang solid di $36.08.  Penurunan lebih lanjut dari harga minyak terlebih dahulu akan berhadapan dengan “support” terdekat di $37.59 sebelum lanjut ke “support” yang solid di $36.08 dan kemudian $35.77. Sedangkan “resistance” terdekat menunggu di $39.64 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $40.00 dan kemudian $41.04.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here